-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desain Banner dan Tips Agar Terlihat Menarik


Desain Banner dan Tips Agar Terlihat Menarik
 Desain Banner dan Tips Agar Terlihat Menarik


Desain Banner dan Tips Agar Terlihat Menarik, Membuat desain banner yang menarik anda perlu ketahui teknik serta strategi dalam pembuatanya, biasanya kebanyakan orang  cuman tahu memesan saja di tempat percetakan atau menyewa jasa desain banner. Meski sebenarnya dengan mendesain sendiri banner yang kamu perlukan, ada beberapa hal yang dapat kamu atur serta buat sesuai keinginan kamu.


Tentu bukan perkara mudah dalam mendesain sebuah banner, khususnya bagi kalian yang masih pemula dan baru berkecimpung di dunia desain grafis. Akan tetapi bukan hal yang sulit untuk diketahui apa saja yang perlu diperhatikan agar banner tersebut dapat terlihat menarik. Sebelumnya mesti kalian ketahui terlebih dahulu apa pengertian dari banner ?

Pelajari : 

Banner merupakan  sebuah media untuk mempublikasikan atau membuat promosi yang sifatnya untuk memberikan informasi secara luas kepada masyarakat. Membuat sebuah Publikasi melalui media banner ini biasanya dapat kalian temukan hampir di setiap tempat, bahkan di pinggiran jalan sekalipun. Jika kalian adalah mahasiswa, tentunya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan banner terutama untuk membuat publikasi kegiatan kalian di kampus.


Mungkin saja di sepanjang jalan kampus anda, mata kalian dimanjakan dengan pemandangan media promosi ini, apalagi untuk zaman sekarang ini semangat kaum milenial untuk membuat kegiatan seperti seminar, bakti sosial, bahkan perlombaan tidak usah diragukan lagi, hampir setiap minggu beberapa fakultas berlomba-lomba dalam membuat kegiatan.


Perlu untuk kalian ketahui  bahwa untuk cetak  banner bukanlah perkara sulit. Anda  secara langsung bisa menyerahkan desain banner yang telah dibuat di tempat percetakan, dan sekarang  ini, cukup mudah untuk menemukan tempat percetakan banner melihat usaha ini sedang berkembang.


Tetapi yang menjadi masalah  kebanyakan orang adalah bagaimana membuat desain banner yang menarik agar banyak orang yang tertarik untuk melihat dan membaca apa yang tertulis dalam banner tersebut.  Tentu hal tersebut dibutuhkan kreativitas dalam menyusun kata serta dibutuhkan juga keterampilan dalam  mendesain tampilan banner.

Baca Juga: 

Untuk  Anda yang saat ini mendapat tugas untuk mendesain sebuah banner atau ingin membuat sebuah promosi produk atau jasa melalui media publikasi banner, berikut admin akan memberikan kepada kalian beberapa tips membuat Desain Banner Agar Terlihat Menarik.

Tips Membuat Desain Banner Agar Terlihat Menarik

1. Desain sederhana dan Menarik

Banner dibuat dengan maksud untuk memberikan serta menyampaikan informasi tertentu, akan tetapi jika kalian membuat sebuah desain banner yang terlihat sesak atau tidak ada ruang kosong, maka hal tersebut dapat membuat informasi inti dapat tertutup . oleh karena itu dalam  membuat sebuah desain tidak usah berlebihan cukup buat yang  sederhana tetapi menarik untuk dipublikasi.


2. Gunakan huruf yang mudah dibaca

Penggunaan huruf merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam pembuatan desain banner, tentu anda sering mendengar keluhan beberapa orang ketika membaca sebuah informasi terkait huruf yang susah dibaca dan berukuran kecil, maka dari itu jika desain yang anda buat dapat menarik minat orang yang melihatnya gunakan jenis dan ukuran font yang tepat.


3. Gambar yang Menarik

Gunakan gambar yang sesuai dengan tema desain banner yang kalian buat, karena terkadang tidak semua hal bisa dijelaskan dengan kata-kata, butuh perpaduan gambar yang menarik dan tentunya sesuai dengan tema kamu dan hal ini dapat membuat desain yang dibuat terlihat lebih sederhana dan menarik. Jangan lupa untuk menggunakan gambar dengan high quality karena hal tersebut berpengaruh saat ingin mencetak desain yang kalian buat.


4. Informasi disampaikan jelas dan singkat

Untuk membuat sebuah desain dengan tujuan untuk publikasi tettu hal yang perlu kalian ingat adakah singkat dan jelas, sampaikan pesan yang singkat dan jelas agar pembaca mudah memahami isi dari banner yang kalian buat, dan dapat memahami dengan mudah maksud serta tujuan desain yang anda publikasikan.

Baca Juga: 

5. Warna yang tepat

Desain banner yang baik harus dibuat dengan kontras warna yang baik, usahakan desain anda tidak melebihi 3 warna yang, karena jika terlalu banyak warna menimbulkan kesan yang tidak baik apalagi isi dari banner yang kalian tidak bisa terbaca dikarenakan kontras warna yang tidak sesuai antara background, huruf dan logo.


6. Urutan Informasi yang jelas

Jika  banner dipublikasikan  untuk menyampaikan sebuah  informasi, maka pastikan  informasi yang disampaikan harus berurutan dan hal tersebut tidak boleh berantakan, karena orang yang akan membaca isi dari banner anda akan bingung. Oleh karena itu pastikan urutan informasi harus berurutan dan pesan yang ingin disampaikan jelas serta mudah dimengerti.


7. Ukuran banner

Jika anda ingin mendesain dan mencetak sebuah banner selain desain serta kemudahan dalam memahami isi, ukuran juga merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan, anda perlu pastikan terlebih dimana banner yang kalian ingin cetak akan dipasang, kemudian sesuaikan dengan ukurannya, karena biasanya ketidaksesuaian dapat mengakibatkan banner yang anda ingin cetak menjadi buram.


8. Sertakan Logo acara, sponsor, media partner

Dalam desain banner yang kamu buat jangan lupa untuk menyertakan logo acara kalian, sponsor serta media partner yang akan gabung dengan acara kalian, karena biasanya hal tersebut dapat mempengaruhi daya Tarik seseorang untuk melihat dan membaca desain kamu.


 9. Gunakan Bahan yang Berkualitas

Tentu setiap orang ingin agar  banner yang mereka buat dapat bertahan lama, tidak mudah rusak serta tidak mudah tertiup angin, oleh karena itu gunakan  bahan yang berkualitas tinggi sesuai dengan dimana anda ingin tempatkan hasil cetakan banner kamu.  Sebagai contoh untuk banner outdoor diperlukan jenis bahan dengan kualitas lebih kuat agar warna  tidak mudah pudar meskipun terkena sinar matahari langsung serta tidak mudah jatuh terkena terpaan angin.


Itulah beberapa tips untuk membuat desain banner agar terlihat menarik, beberapa poin di atas tentunya dapat kamu coba dan hal tersebut tidak sulit, jika kalian memiliki kesulitan, kamu bisa belajar cara membuat desain banner pada tutorial coreldraw pada blog ini, dan tentu anda bisa melihat beberapa contoh banner yang sering dijumpai di masyarakat.

Contoh desain banner

Contoh banner makanan

Banner ini biasanya berisikan menu makanan serta promo harga yang ditawarkan kepada calon pembeli, serta beberapa diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu.


banner makanan


Contoh banner minuman

sama haknya dengan banner makanan, untuk yang banner minuman berisikan menu minuman seperti jus, coffee, dll. Biasanya kedai atau café yang laris dan yang baru beroperasi  seringkali membuat banner untuk membuat promosi produk mereka kepada masyarakat.


banner minuman


Contoh banner akademi

Banner ini biasanya  berisikan mengenai pelatihan, kursus, dan jadwal penerimaan siswa atau mahasiswa baru dan setiap ajaran baru atau menjelang ujian nasional banyak kita jumpai banner jenis ini yang bertebaran di pinggir jalan  sebagai bentuk promosi untuk jasa mereka dalam memberikan edukasi.


banner akademi


contoh banner acara

untuk waktu tertentu banner jenis sering kita jumpai biasanya berisikan sebuah informasi suatu kegiatan misalnya pengajian, pentas musik, pemilihan anggota dewan dan lain-lain.


banner acara

Baca Juga: 

Demikian artikel yang admin buat untuk kalian tentang Desain Banner dan Tips Agar Terlihat Menarik, semoga bermanfaat dan mohon maaf untuk kekurangan, sampai jumpa di postingan selanjutnya.