-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Poster dan tips agar terlihat menarik


Poster dan tips agar terlihat menarik


Poster dan tips agar terlihat menarik adalah judul artikel yang akan admin share kepada kalian untuk poster dan tipsnya sendiri jika ingin membuatnya di coreldraw, tutorialnya admin telah memposting dengan judul membuat poster laptop gaming terbaik bukan hanya itu beberapa contoh tutorial dapat anda pelajari di postingan admin sebelumnya.


Terkait masalah poster tentu bukan hal yang baru terdengar di telinga anda, saat ini begitu banyak poster beredar di masyarakat, seperti poster pendidikan, poster lingkungan, poster kesehatan, poster kebersihan, poster lingkungan hidup, dan masih banyak lagi.


Pengertian poster sendiri adalah wadah untuk menyampaikan informasi atau gagasan yang dibuat dengan sedemikian rupa ke dalam suatu bentuk kertas, plastic atau media lainya. Poster sebagai media penyampaian informasi di lingkungan masyarakat masih banyak digunakan hingga saat ini.

Baca Juga :

Tidak sama dengan beberapa media promosi lainnya seperti brosur, pamflet, leaflet, dan flyer. Poster memberikan pesan informasi yang singkat dan terarah, sehingga membuat promosi dengan poster dinilai cukup efektif, karena umumnya pesan disampaikan hanya beberapa kata saja, akan tetapi hal itu dianggap dapat mewakili ide dari pesan yang ingin disampaikan.


Tidak hanya itu, kata dalam poster pula kebanyakan mempunyai kandungan berbagai arti hingga dapat menimbulkan penilaian yang baru dalam masyarakat. Dalam ranah lainnya, poster pula jadi salah satu solusi promosi pilihan buat mereka yang memiliki usaha.


Dengan memanfaatkan media poster untuk promosi, pengusaha dapat memperkenalkan branding dengan lebih simple dari usaha mereka dengan tagline. Poster diakui lebih efisien untuk membuat calon konsumen ingat merek mereka dibanding dengan menggunakan tagline pada poster.


Poster memiliki daya tarik sendiri, karena pada poster terdiri dari beberapa gambar yang membentuk sebuah ilustrasi, bukan hanya itu poster juga memiliki serangkaian huruf yang membentuk sebuah kalimat berisi ajakan atau larangan dan unsur lainnya. Perpaduan ilustrasi dan kalimat membuat poster tampak sangat menarik dan hal tersebut membuat informasi atau gagasan mudah diterima orang lain.


Setelah kalian mengetahui beberapa gambaran singkat mengenai pengertian poster, hal lain yang perlu dipahami dengan baik adalah ciri dari poster. Ada beberapa ciri dari poster agar desain yang kalian buat agar terlihat menarik.

Beberapa ciri dari poster agar terlihat menarik


  • Poster yang dibuat harus memuat inti pesan yang dibuat dengan menggabungkan huruf dan gambar. Kemudian poster sebaiknya dibuat dengan ukuran kertas yang cenderung besar atau menyesuaikan agar pesan bisa dituliskan dengan baik dan bisa tersampaikan isinya.

  • Untuk penempatan poster, tempatkan di beberapa tempat umum yang menjadi pusat keramaian masyarakat seperti pasar, halte, sekolah dan kampus serta lekatkan pada dinding tembok atau kayu.

  • Poster dibuat dengan warna yang menonjol dan juga kontras yang cenderung kuat. Maksud pemakaian warna dan pembuatan kontras ini untuk membentuk highlight agar kedepannya pesan dalam poster akan cenderung lebih bisa dibaca serta lebih mudah tersampaikan.

  • Menggunakan kata-kata singkat dan jelas pada poster. Maksudnya, kata singkat dalam poster tersebut dianggap dapat menjelaskan isi pesan yang ingin disampaikan serta menghindari kekeliruan pemahaman bagi orang yang melihat.

  • Menggunakan ilustrasi gambar pada poster agar dapat menjelaskan makna tulisan pada poster tersebut. Dengan menggunakan ilustrasi gambar diharapkan menghindari kekeliruan pemahaman akibat pesan singkat pada poster tersebut.


Satu diantara kriteria yang paling utama dalam pembuatan poster yaitu kecocokan dari ukuran poster itu. Dalam masalah ini, ada banyak inti yang perlu menjadi perhatian terkait kesesuaian. Inti yang dimaksud yaitu jumlah kata dan ukuran dari gambar yang akan dipakai. Kesesuaian ini bakal membuat poster tampak lebih menarik.


Pembuatan poster harus perhatikan wadah atau yang dipakai, agar poster dapat bertahan lama dan tak gampang hancur, gunakanlah wadah atau media poster dari bahan yang tebal dan tak gampang sobek.


Untuk mendapat hasil yang optimal dalam pembuatannya, ada sejumlah persyaratan yang perlu menjadi perhatian ketika mau membuat poster. Adapun beberapa persyaratan yang dimaksud antara lain ialah sebagai berikut

Syarat dari poster agar terlihat menarik


Menggunakan Gabungan Gambar dan Huruf


Sama dengan ciri-ciri poster yang diulas di atas, ada paduan di antara gambar dan huruf dalam satu poster yang dikerjakan. Oleh sebab itu, paduan gambar dan huruf dalam poster itu adalah hal yang mutlak yang perlu menjadi perhatian dalam proses pembuatan poster.


Menggunakan Detil yang Menarik serta Mengundang Perhatian


Poster merupakan salah satu media promosi. Oleh sebab itu, dalam pembuatannya poster mesti mempunyai daya tarik serta dapat membangkitkan rasa penasaran. Oleh sebab itu, poster cenderung lebih cocok dibuat dengan gambar yang unik serta kata-kata yang cenderung provokatif


Memakai Bahasa yang Ringan Dimengerti


Walaupun poster cuma memakai kalimat yang pendek dari sejumlah kata, keterbacaan poster mesti diperhatikan. Berarti, bahasa yang dipakai dalam membuat poster jangan begitu sulit serta harus mudah dimengerti oleh pembaca.


Selain ciri dan syarat pada poster ada beberapa aturan dalam pembuatan poster, aturan ini cukup penting untuk diperhatikan. Beberapa aturan ini bakal tentukan bagaimana dari hasil pembuatan poster itu. Bila poster dibuat sama dengan ketentuan, sudah pasti hasil pengerjaan poster bakal cenderung menarik.


Beberapa aturan dalam pembuatan poster agar terlihat menarik


  • Penggunaan gambar dalam poster harus sesuai dengan tema . Ini jadi ketentuan penting supaya ada keselarasan dalam poster yang dibuat, maka dari itu target dapat mengerti pesan dalam poster dengan baik.

  • Pilih gambar mencolok pada desain poster kalian. Dengan gambar yang cenderung menonjol, maka poster mempunyai daya tarik yang dapat mengundang target untuk membaca. Disamping itu, lakukan paduan yang antara warna dengan gambar poster. Dengan begitu, poster bakal kelihatan lebih detil dan jelas.

  • Kata-kata yang dipakai dalam pembuatan poster mesti gampang diingat serta tentunya mesti efektif. Poster dapat masuk di kategori slogan. Oleh karenanya, diperlukan kata-kata singkat yang gampang diingat oleh beberapa target.

  • Memanfaatkan font yang pas sebab pemanfaatan font akan mempunyai pengaruh pada keterbacaan poster. Dalam perihal tersebut, upayakan memilih font huruf yang sesuai tema. Disamping itu, lihat juga ukuran dari font itu. Jangan menggunakan ukuran font yang begitu besar maupun begitu kecil supaya poster nyaman buat dibaca.

Selanjutnya admin akan memberikan kepada kalian beberapa tips untuk membuat poster yang menarik.

Baca Juga :

Tips untuk membuat poster menarik

Tentukan topik serta arah poster terlebih dulu


Pertama-pertama yang wajib Anda kerjakan dalam membuat poster yakni tentukan topik atau objek serta arah pengerjaan poster itu. Kalau Anda punya tujuan bikin sebuah poster yang punya tujuan buat promo produk atau layanan, seharusnya anda perlu alasan kuat untuk itu, agar ketika membuat poster arah dan tujuannya jelas.


Anda dapat bertanya ke beberapa orang desainer dan marketing masalah pembuatan poster untuk kebutuhan promo produk dan jasa.


Tentukan kalimat yang akan ditulis dalam poster


Bagaimanakah caranya bikin kalimat yang baik di dalam pembuatan poster ? Pastilah Anda harus tentukan kata yang mendeskripsikan penjelasan poster secara jelas yaitu singkat, terang dan padat. Info atau promo yang terlampau berbelit bikin pembaca malas membaca info pada poster kalian. Mengakibatkan maksud poster Anda tak dapat tersampaikan dengan baik.


Pilih bahasa yang pendek


Pilih bahasa yang pendek supaya pesan dapat tersampaikan dalam hitungan detik saja. Sedang bila mau bikin poster promo, semestinya putuskan kalimat yang dapat mensugesti pikiran.


Memakai gambar yang bagus


Anda mesti mengkombinasikan di antara tulisan dengan gambar dengan baik biar dapat tarik mata. Rancangan poster yang unik serta memikat dapat langsung berikan dampak visual. Pembagian di antara gambar dengan tulisan mesti cocok biar poster Anda dapat memancing ketertarikan pembaca.


Tentukan media poster yang benar


Tetapkan media pengerjaan poster seperti kain, kertas dan bahan yang lain mendukung. Memilih media pengerjaan poster pastinya terus berhubungan dengan tempat penempelan poster nanti. Pastikan Anda memilih media yang pas dengan area diletakkannya poster itu.


Berikut beberapa contoh poster yang sering dijumpai di masyarakat atau tempat keramaian di sekitar tempat tinggal kalian.


Beberapa contoh poster

 Poster niaga


Poster niaga
pendidikan.co.id

Poster niaga kerap juga dimaksud dengan poster iklan yang berisi penawaran barang atau layanan yang diperjual-belikan. Anda jelas kerap lihat poster niaga yang banyak tertempel di tepi jalan buat mengajak calon konsumen. Makin khas serta unik poster itu, niat serta maksud poster niaga pastinya dapat teraih.



Poster kegiatan


Poster kegiatan
portal-uang.com

Yaitu tipe poster yang sama dengan pengertian poster yang terdapat sifat data atau ajakan melakukan pekerjaan tertentu. Pekerjaan yang dilakukan bervariasi seperti senam, jalan sehat, workshop serta lain-lain.



Poster pendidikan


Poster pendidikan
pedalaman.com

Poster yang berisi beberapa hal yang berhubungan dengan pengajaran. Pastilah isi poster mesti positif serta mendidik sama ketentuan yang berlaku.


Baca Juga :

Demikian pembahasan mengenai Poster dan tips agar terlihat menarik, untuk mempelajari beberapa tutorial desain grafis kalian dapat membaca beberapa tulisan di website pedalaman ini, dengan harapan dapat menambah pemahaman serta kemampuan kita dalam membuat desain di coreldraw, sekian dari admin sampai jumpa di postingan berikutnya.