-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Membuat Pamflet yang Elegan




bagaimana membuat pamflet


Apa kabar teman-teman saya harap anda sehat selalu dan rezeki kalian dimudahkan, pada kesempatan ini admin akan membuat sebuah artikel  membahas bagaimana membuat pamflet yang elegan.


Dikehidupan sehari-hari mungkin teman-teman pernah mendengar bahkan menjumpai selembar kertas baik tertempel di dinding jalan, tempat keramaian, hingga dibagikan secara gratis saat anda berada di jalanan ataupun sedang berkumpul dengan teman anda di tempat keramaian.


Di zaman sekarang bisa saja banyak orang mengatakan hal tersebut bukan sesuatu yang baru, bahkan sudah ada sejak negara ini masih berada dalam fase merebut kemerdekaan. Pada saat itu fungsinya pun sangat  bermanfaat, yaitu sebagai media  penyumbang informasi kepada masyarakat secara luas dan cepat dikala itu.


Hingga sekarang pun menurut banyak orang ini adalah era milineal, edaran kertas ini tidak hanya sebatas promosi dan publikasi, melainkan  bisa digunakan sebagai tempat penyaluran  informasi penting untuk disampaikan oleh lembaga, badan, instansi, dan perusahaan yang ingin menyampaikan informasi  kepada banyak orang.


Baca Juga :



Pengertian pamflet menurut para ahli


Pamflet adalah  tulisan yang dapat atau tidak disertai gambar serta tidak memiliki sampul dan tidak dijilid serta di dalam penyajianya dapat menggunakan selembar kertas berisi satu sisi maupun kedua sisinya. Serta isinya memberikan informasi terkait kegiatan  dilaksanakan.

Ciri-ciri pamflet

  • Gunakan bahasa  singkat, padat dan jelas, sehingga mudah dimengerti
  • Berisi ajakan
  • Ditulis dengan font tulisan yang baik agar dapat dibaca dengan jelas.
  • Berisi informasi terkini

Sudah banyak media dan cara  agar bisa digunakan untuk membuat selembaran ini, seperti:

Cara membuat pamflet dengan corel draw


Untuk membuat edaran ini tentunya kawan harus mempunyai aplikasi corel draw terlebih dahulu dan itu tidak sulit untuk didapatkan, dan tentunya sesuai dengan spesifikasi laptop atau notebook milik anda, sekarang ini banyak desainer grafis membuat sebuah desain dengan aplikasi ini.

Cara membuat pamflet di photoshop


Sama seperti sebelumnya dilaptop teman-teman sudah memiliki softwere photoshop, apakah itu  tipe CC dan CS  intinya compatible dengan PC anda. Aplikasi ini sudah banyak versi portable, jadi tidak usah takut dengan alasan aplikasi ini berat.

Cara membuat pamflet di word


Metode ini tentunya sangat mudah, karena semua laptop maupum handphone saat ini sudah dilengkapi dengan program word, tentunya bisa digunakan untuk mengetik ataupun membuat sebuah desain di dalamnya .

Cara membuat pamflet di android


Dengan perkembangan teknologi sekarang ini tentunya handphone android  banyak meyediakan aplikasi khusus untuk membuat sebuah desain  menarik, sehingga orang-orang tidak usah repot lagi untuk membuatnya di laptop, tentu hal ini  terlihat lebih efektif dan efisien. Untuk mendownload  anda bisa gunakan playstore  yang merupakan bawaan dari hp teman-teman.


Setelah mengetahui beberapa cara dalam pembuatan tebaran ini, kawan juga perlu mengetahui apa saja jenisnya karena sekarang ini sudah banyak beredar di lingkungan masyarakat seperti:


Pamflet lomba


Edaran ini tentunya berisi informasi terkait suatu perlombaan, apakah itu sepakbola, bulu tangkis, bola basket, karya ilmiah, cerdas sermat dan lain-lain dan tentunya menampilkan total hadiah untuk para juara agar bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk orang yang melihatnya.


Pamflet kesehatan


Selembaran ini memuat penjelasan seputar protokol kesehatan, dan bagaimana menjalankan aktifitas sehari-hari dengan sehat, dapat pula berisi layanan terpadu untuk masyarakat seperti jadwal pemeriksaan, dan seminar.

Pamflet pendidikan


Pada umumnya keterangan disampaikan berupa penerimaan siswa atau mahasiswa, promo tempat kursus dan sekarang ini yang banyak dijumpai ialah  berita seputar kursus Bahasa inggris, kursus komputer, dan lain-lain agar menarik simpati target biasanya dibuat dengan strategi marketing agar tujuanya lebih bisa tercapai.


Dari beberapa contoh diatas perlu anda juga ketahui Bagaimana Membuat Pamflet yang Elegan, berikut admin akan memberikan tipsnya:


1. Tentukan tema kegiatan


Dalam membuat sebuah rencana desain hal paling pertama adalah kegiatan anda seperti apa, temanya bagaimana, dan targetnya siapa, serta jumlah pengunjung  ditargetkan berapa. Karena hal tersebut membantu tema-teman untuk membuat kerangka desain terkait suatu hal yang ingin dikerjakan dan tepat pada sasaran ketika beritanya sudah tersebar ke masyarakat.

2. Mulailah berimajinasi untuk mencari sebuah inspirasi


Inspirasi itu kawan bisa dapatkan dengan berbagai cara, namun untuk saat ini banyak orang  berselancar ke website. Karena sekarang ini sudah banyak web menyediakan template gratis ataupun  prabayar yang bisa anda gunakan dalam mendesain.


Untuk mendapatkan gambar dan templete yang baik biasanya sifanya prabayar, tergantung teman-teman apakah ingin premium atau free.


Anda juga bisa menggunakan karya orang lain sebagai inspirasi dengan cara melihat karakter desainya seperti apa serta pemilihan warnaya  bagaimana.

3. Menentukan kontras warna yang tepat


Kesesuaian dalam pemilihan warna akan mempengaruhi karakter dari desain sahabat, karena menarik atau tidak selembaran anda tergantung dari pemilihan warna yang telah dipilih.


Gunakan prinsip gelap terang dan kontras pencahayaan yang baik sehingga meskipun berada dari jarak 1 meter tulisanya masih bisa terbaca karena tidak bertentangan dengan warna pilihan teman.

4. Pesan yang disampaikan jelas dan mudah dipahami


Padukan gambar dengan tulisan agar pamflet anda kelihatan lebih menarik, gunakan huruf yang jelas jika dibaca, perpaduan antara ukuran font, dan tebal serta miring huruf  yang diberikan harus diperhatikan.

5. Pemanfaatan ruang kosong


Jika anda mendesain dengan begitu banyak gambar serta tulisan dan memenuhi seluruh bagian dari kertas halaman, itu akan tidak terlihat menarik tetapi meninggalkan pesan membosankan bagi pembaca jika melihat desain sahabat.


Maka dari itu manfaatkan ruang kosong agar tulisan dan gambar yang sudah di konsep mudah dipahami oleh pembaca.

6. Buat juga dalam versi sosial media


Sekarang ini mungkin sahabat sudah tau betapa pentingnya peran media sosial dalam kehidupan sehari-hari, kertas halaman yang anda sudah desain tidak selamanya di cetak dengan media digital, karena informasi terkait kegiatan yang igin dibuat harus tersebar secara luas, dan cepat .


Olehnya itu selembaran yang didesain perlu dibuat juga ke dalam versi media sosial  suapaya nantinya akan di upload ke instagram, facebook, twitter, dan lain-lain, pastikan tidak merubah isi dari pesan yang ingin disampaikan dari desain teman-teman.


Pelajari :




Demikian informasi yang admin ingin sampaikan kepada sahabat sekalian mengenai Bagaimana Membuat Pamflet yang Elegan, dalam tulisan artikel ini sudah pasti memiliki banyak kekurangan, maka dari itu mohon maaf untuk segala kekurangan, sampai jumpa di postingan selanjutnya.





Terimah kasih,