-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat Id Card Menarik dan Unik


Membuat Id card


Jika anda pernah terlibat dalam susunan kepanitian, apakah itu untuk kegiatan sekolah atau kampus bahkan dalam suatu event yang besar yang diselenggarakan oleh pihak lain. Kartu pengenal sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga teman-teman, untuk membuat id card menarik dan terlihat professional tentu bukan perkara yang mudah.


Mungkin pada susunan kepanitiaan selalu ditunjuk atau diberikan amanah ke suatu devisi  untuk membuat desain dari kartu identitas ini, karena salah satu faktor baik atau tidak terselenggaranya acara teman-teman adalah pengidentifikasian yang baik dan benar untuk panitia dan peserta acara.


Apabila teman-teman membuat sebuah kegiatan dengan menargetkan peserta dalam jumlah yang banyak pengadaan kartu identitas  merupakan suatu hal yang sangat penting, dengan kartu tersebut  panitia dapat melayani para peserta kegiatan dengan maksimal.


Id card tersendiri tidak hanya digunakan sebagai tanda pengenal, tetapi lebih dari itu, jika anda sudah berada dalam suatu event  mungkin teman  menyadarinya betapa penting hal tersebut. Selain untuk kegiatan ternyata tanda pengenal juga sangat disarankan untuk digunakan di tempat kerja, karena melalui peratara tersebut  anda bisa bedakan divisi,nama, serta jabatan dari setiap karywan, Maka dari itu perlu diketahui apa saja manfaat dari kartu ini.

Baca Juga :

Manfaat Id Card

  • Menimbulkan kesan rapi dan formal.
  • Mempermudah seseorang  untuk mengenal dan meminta bantuan kepada anda sesuai dengan divisi dan nama pada identitas pengenal teman.
  • Membedakan dan memisahkan antara panitia dan peserta jika berada dalam suatu kegiatan.
  • Dapat digunakan sebagai absensi.
  • Khusus yang dilengkapi dengan system barcode, biasanya dapat digunakan untuk memasukkan kata sandi tertentu, seperti membuka pintu dengan menggunakan barcode tersebut.
  • Dapat mempermudah atasan atau sesama karyawan untuk saling mengenal, sangat disarankan apabila setiap divisi bisa dibedakan warna dari masing-masing tanda pengenal.
  • Bisa digunakan sebagai promosi dari perusahaan atau event yang teman-teman selenggarakan.

Selain manfaat, teman-teman juga perlu mengetahui jenis-jenisya.

Jenis-jenis Id Card

1. Id Card Biasa


Tanda pengenal ini hanya digunakan untuk tempat-tempat tertentu seperti di kantor, dan disebagian besar kegiatan besar maupun kecil. Jenis ini umumnya hanya berisi nama, jabatan,divisi, nama perusahaan atau kegiatan dan foto.


Tanda identitas ini  biasanya yang beredar di masyarakat hanya 2 jenis yaitu , Id card  PVC dan Id card kertas, berikut perbedaan keduanya.

  • Id Card PVC

Id card dari PVC  biasanya digunakan sebagai kartu panitia. khusnya untuk event yang besar, seperti festival musik, bisa juga digunakan untuk karyawan, dan lain-lain. Karena menggunakan bahan PVC dalam pembuatanya, pastinya ini lebih baik dan  tidak mudah rusak.


Selain itu keunggulnya yang  lain adalah tidak mudah luntur, serta hasil cetakan lebih tajam pada warna yang lebih cerah.






Ukuran ID Card PVC


Ukuran kartu PVC disesuaikan dengan  standar ISO yaitu 85,60 mm x 53,98 mm. 


  • Id Card kertas

Id Card ini biasanya digunakan sebagai kartu panitia terutama untuk event kecil, pelaksanaanya singkat serta tidak membutuhkan biaya yang besar. Seperti acara pemilihan ketua osis, pemilihan kepala dusun, dan lain-lain.


Berbeda dengan bahan PVC yang tebal, tanda pengenal ini hanya menggunakan kertas sebagai media utama.





Ukuran ID Card Kertas


Ukuran tanda pengenal berbahan kertas dapat dibagi menjadi B1, B2, B3 dan B4. Berikut  detailnya.


Ukuran ID Card B1


Memiliki ukuran desain kertas 85 mm x 55 mm dengan ukuran plastiknya 100 mm x 65 mm.


Ukuran ID Card B2


Ukuran desain kertas  dalam (cm) 10.5 cm x 7 cm dengan size plastiknya 12.3 cm x 8 cm.


Ukuran ID Card B3


Desain kertas 105 mm x 85 mm dengan size  plastiknya 122 mm x 95 mm.


Ukuran ID Card B4


Memiliki ukuran desain kertas 135 mm x 95 mm dengan ukuran plastiknya 150 mm x 105 mm.


Ukuran ID Card A5


Memiliki ukuran kertas 148 mm x 210 mm.


Ukuran ID Card B6


Ukurannya adalah 125 x 176 mm.


Ukuran ID Card PNS


Menggunakan ukuran standar yaitu 54 mm x 86 mm.


Ukuran ID Card Panitia


Bisa menggunakan berukuran B1, B2, B3 maupun B4.


2. Id Card Magnetic


Kartu ini sedikit berbeda dengan kartu yang telah dijelaskan sebelumnya, letak perbedaanya adalah terdapat panel hitam yang berada pada sisi belakang, pada umumnya panel ini bertujuan untuk menyimpan data dari pemilik kartu. Contohnya adalah kartu ATM yang digunakan untuk transaksi.




3. ID Card Proximity


Kartiu jenis ini dilengkapi dengan sebuah chip atau program yang terdapat pada bagian belakang dan  digunakan sebagai alat untuk menghindari terjadinya pemalsuan serta penyalahgunaan penggunaan tanda pengenal  selain pemiliknya. Biasanya penggunaan security access system menerapkan prinsip ini .






Setelah mengetahui manfaat, dan jenis-jenis dari kartu identitas ini, selanjutnya admin akan menjelaskan tips membuatnya.

Tips Membuat Id Card

1. Informasi yang disampaikan harus jelas


Kartu identitas yang dibuat  harus mencamtumkan data diri pemilik kartu. Hal yang paling utama seperti nama,devisi, jabatan dan nama perusahaan atau kegiatan. Jangan lupa untuk memberikan  logo perusahaan, instansi,  organsasi, atau kegiatan. 


pada bagian belakang kartu diberi informasi mengenai peraturan penggunaan, serta disertai visi dan misi. Bisa juga desertakan kode barcode tertentu untuk security acces.


2. Penggunaan  font dan bahasa yang mudah dibaca serta di pahami


Penggunaan font yang baik tentunya membantu seseorang agar lebih jelas membaca tulisan yang terdapat pada kartu identitas anda, maka dari itu hindari penggunaan huruf yang membingunkan. Tulisannya juga jangan dibuat terlalu kecil sesuaikan dengan ukuran id card agar para pembaca tidak kesulitan untuk melihat dan membaca identitas teman.

3. Pemilihan kontras warna yang tepat


Pemilihan warna merupakan suatu aspek yang penting, salah satu tips untuk memilih warna adalah menyesuaikan dengan ciri khas warna perusahaan atau kegiatan teman-teman, bisa juga dengan menkombinasikan  warna pada logo. 

Hindari penggunaan warna yang tidak kontras antara tulisan dan gambar, karena hal tersebut menimbulkan kesan tidak menyenagkan untuk dilihat, buatlah perpaduan warna dan tulisan serta gambar yang sederhana tapi menarik untuk dilihat.

4. Memasukkan gambar atau foto


Jika anda membuat tanda pengenal untuk perusahaan wajib anda memasukkan logo perusahaan atau instansi beserta foto pribadi dengan ukuran tertentu setiap karyawan, tentunya harus  menyesuaikan dengan desain yang telah dibuat.

Tetapi jika membuat desain untuk tanda pengenal suatu event hal yang perlu anda masukkan adalah logo dan gambar yang variatif, karena jika hanya menggunakan teks hal tersebut juga kurang menarik untuk dilihat.


Untuk menambah wawasan teman-teman, admin akan menambahkan kelengkapan dalam pembuatan tanda pengenal ini.

 Kelngkapan Membuat Id Card

1. Komputer atau laptop


Media ini sangat diperlukan dalam mendesain kartu pengenal ini, anda bisa menggunakan beberapa aplikasi desain grafis yang populer saat ini seperti corel draw, dan adobe photoshop.

Pelajari juga :




2. Printer Id Card


Karna bahan yang digunakan adalah kertas dan PVC, maka teman-teman harus menyesuaikan jenis mesin cetak yang digunakan. Jika ingin mencetak kertas gunakan printer untuk untuk kertas begitupun sebaliknya untuk  bahan PVC.

3. Mesin Laminasi


Mesin ini bertujuan untuk merekatkan bahan PVC yang dicetak sehingga dapat menempel dengan kuat. 

4. Mesin Pemotong


Mesin ini di guanakan unutk memotong hasil cetakan agar hasil potongannya bersih dan rapi.

5. Pembuat lubang


Alat ini digunakan untuk membuat lubang pada kartu identitas yang telah dibuat sehingga hasilnya bisa maksimal.


Demikian  Tips Membuat Id Card Menarik dan Unik menurut admin, karena tanda pengenal memberikan kesan yang menarik bagi para karyawan, panitia, dan peserta kegiatan maka dari itu buatlah dengan menarik pula.


Semoga postingan ini bermanfaat untuk kalian, mohon maaf untuk segala kekurangan, sampai jumpa di postingan berikutnya.


Terimah kasih,