-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips membuat poster secara digital dan konvensional



Tips membuat poster


Tips membuat poster secara digital dan konvensional sekarang ini banyak dibicarakan di lingkungan masyarakat mulai anak-anak hingga orang tua membahas masalah pembuatan poster. Hal ini dikarenakan   poster memiliki banyak kegunaan seperti pengumuman, promosi sebuah produk, media iklan, dan dapat memberikan informasi dalam ruang lingkup yang luas.

Dengan menerapkan tips membuat poster yang baik diharapkan poster tersebut dapat memberikan informasi dalam bentuk gambar dan tulisan. Isi sebuah poster baisanya dibuat sederhana, menarik, dan unik agar pesan utama yang terkandung dalam poster dapat dan mudah tersampaikan.

Agar isi dari poster ini mudah tersampaikan, maka banyak poster yang dipasang di tempat yang strategis dan penuh keramaian seperti di kawasan pasar, sekolah, perkantoran, dan lain-lain.

Karna sifatnya yang umum maka perlu untuk diketahui bahwa poster yang terpasang  di tempat keramaian itu teknik pembuatanya dibedakan menjadi 2 jenis teknik pembuatan poster yaitu pembuatan poster secara digital dan pembuatan poster secara konvensional.
Baca Juga:

Sebelum mengetahui cara pembuatan poster digital dan konvensional, hal yang pertama yang perlu dipahami adalah ciri-ciri poster itu sendiri.


Ciri-ciri poster yang baik 


  • Poster dibuat dengan  teknik pewarnaan yang kontras serta  pemilihan warna yang sesuai
  • Dalam membuat sebuah poster bahasa yang digunakan harus jelas dan mudah dipahami
  • Memberikan  gambar agar isi dari pesan sebuah poster lebih mudah tersampaikan.

 

Tips membuat  poster secara Digital

Langkah-langkah membuat poster  digital yang baik adalah sebagai berikut:

1. Menentukan sebuah tema yang ingin  dijadikan sebagai poster

Penentuan sebuah tema pada poster sangat mempengaruhi isi dari poster yang akan dibuat,maka pilihlah tema sesuai dengan kondisi dan kegiatan pada saat itu.


2. Menetukan media apa yang digunakan untuk membuat poster tersebut


Untuk mebuat sebuah poster secara digital tentunya membutuhkan laptop atau komputer yang digunakan untuk mendesain, kemudian pilih aplikasi desain yang menurut anda mudah dan nyaman untuk digunakan. 
Pelajari cara:

3. Sasaran dari poster yang akan dibuat

Menentukan sasaran dari pembuatan poster ini sangat perlu, karna hal tersebut berpengaruh dengan isi dan desain poster yang akan kita buat, apakah sasaran kita untuk orang remaja, orang tua, siswa, mahasiswa dan lain-lain


4. Menyusun kalimat dan  gambar

Pemilihan kalimat dan gambar dalam sebuah poster digital harus jelas dan kontras sehingga isi dari poster mudah dipahami

5. Mencari referensi percetakan poster digital

Poster digital yang telah dibuat sebelum dicetak tentukan terlebih dahulu ukuran dan  jenis kertas yang ingin digunakan agar hasil dari desain poster anda buat terlihat lebih menarik.  


Setelah  mengetahui tips membuatan poster secara digital, perlu juga diketahui kekurangan dan kelebihan dalam proses pembuatan poster tersebut

Kekurangan menggambar poster secara digital : 

 

  • Harus mempunyai dan memahami software yang akan digunakan 
  • Membuat kita bergantung  terhadap teknologi
  • Keaslianya sering dipertanyakan

Kelebihan menggambar poster secara digital : 

  • Pembuatannya cepat
  • Tidak menguras banyak tenaga dalam membuatnya
  • Jika terjadi kesalahan bisa diedit atau di perbaiki
  • Lebih cepat jika ingin membuat salinan atau duplikasi 
  • Murah dari segi biaya
  • Poster yang dihasilkan lebih baik dan rapih
  • Bisa cetak dalam jumlah yang banyak

Tips membuat poster  secara konvensional:

Langkah-langkah membuat poster  konvensional yang baik adalah sebagai berikut:

1. Menentukan  sebuah tema

Dalam sebuah pembuatan poster apakah itu secara digital atau konvensional pemilihan teman adalah hal yang paling penting

2. Menentukan media

berbeda dengan membuat poster secara digital yang harus menggunakan aplikasi desain, untuk poster konvensional perlu ditentukan medianya apakah poster tersebut  akan dibuat di atas kertas, kain, papan, dan lain-lain, kemdian apakah menggunkan pencil,kuas, dan cat dalam membuat sebuah poster.

3.Menyusun perkiraan anggaran

Untuk membuat sebuah poster konvensional tentukan perkiraan jumlah anggaran yang akan digunakan karena akan membutuhkan biaya untuk membeli medianya seperi kuas,pencil,cat,dan lain-lain.

4. Tampilan poster

Berbeda dengan membuat poster digital yang dengan mudah dapat dihapus, untuk poster konvensional akan memiliki bekas jika kita akan sering menghapus  dan akan mempengaruhi kualitas poster yang kita buat

Setelah  mengetahui tips memmbuat poster secara konvensional, perlu juga diketahui kekurangan dan kelebihan dalam proses pembuatan poster tersebut


Kekurangan menggambar poster secara kovensional : 

  • Harga yang dibutuhkan mahal 
  • Proses pengerjaannya lama 
  • Perlu kecermatan dalam membuat gambar 

Kelebihan menggambar poster secara konvensional : 

  • Terlihat lebih natural dan  memiliki sentuhan lebih manusiawi 
  • Bebas dalam menggunakan media
  • Memiliki ciri khas terhadap poster yang telah dibuat.


Setelah mengetahui beberapa tips diatas, tentunya teman-teman sudah mamiliki bayangan mengenai tips mebuat sebuah poster, akan tetapi membuat poster di zaman sekarang ini banyak yang menggunakan teknik digital jika dibandingkan dengan teknik konvensional, akan tetapi kembali lagi dari diri masing-masing sesuai dengan kenyamanan kita dalam membuat poster.