-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Membuat Desain Kemasan Anda Semakin Menarik

Membuat Desain Kemasan

Membuat desain kemasan yang baik merupakan salah satu aspek  penting yang harus selalu dipertimbangkan oleh produsen. Pengemasan memang menentukan hasil akhir produk di pasar, dan bahkan dapat menentukan apakah produk akan laku atau tidak. Namun demikian banyak kendala yang membuat produsen kesulitan dalam memproduksi kemasan yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Meskipun produk atau layanan yang Anda jual dalam bisnis kalian mungkin merupakan faktor terpenting dalam menentukan keberhasilan merek Anda, desain kemasan produk memainkan peran besar dalam keberhasilan penjualan, dan bahkan dapat mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk itu sendiri.

Ada banyak faktor pendukung yang bisa mempengaruhi bisnis Anda. Salah satu faktornya adalah desain kemasan pilihan kalian. Pengemasan merupakan salah satu bentuk penyampaian informasi yang baik. Dari kemasannya, Anda bisa menentukan warna, garis, logo dan desain yang menarik sehingga bisa menonjolkan identitas produk.

Oleh karena itu, ada baiknya menghabiskan banyak waktu untuk membuat dan memilih desain yang paling mewakili merek dan produk Anda dan membuatnya sesuai untuk audiens target kalian.

Kemasan yang kalian buat harus kreatif dan kaya akan konten. Selain itu, buat kemasan tersebut berbeda dari pesaing, desain yang berbeda juga menguntungkan identitas produk Anda. Pengemasan juga merupakan alat pemasaran online yang efektif. Ketika pembeli mengunggah kemasan Anda ke media sosial, berarti kemasan Anda menarik.

Baca Juga : Website terbaik untuk inspirasi desain grafis

Tentunya dalam membuat desain kemasan seringkali menemui banyak kendala, yang pertama adalah biaya. Masalah kedua dan sama pentingnya adalah masalah desain. Biasanya, produsen akan memunculkan ide pengemasan yang mengejutkan, tetapi desainer tidak dapat mengeksekusi ide tersebut seperti yang diharapkan. Untuk pabrikan dengan modal terlalu banyak, Anda bisa memilih menyewa tim desain untuk memberikan jasanya. Tetapi tidak cocok untuk pemula yang baru memulai bisnis.

Berikut adalah sepuluh tips tentang cara membuat desain kemasan anda semakin menarik

1. Desain sederhana dan elegan

Ketika konsumen melihat desain kemasan yang kompleks, mereka biasanya beralih ke pesaing. Yang perlu Anda lakukan hanyalah kemasannya memiliki desain yang unik, menarik, simpel dan elegan. Tidak terlalu mencolok, namun informasi yang terkandung di dalamnya dapat dikomunikasikan dengan jelas kepada pembeli.

Sederhana bukan berarti murahan. Dari kesederhanaannya mampu menampilkan tampilan yang elegan dan memberikan kesan yang menawan. Pilihan warna, font dan slogan semuanya merupakan komponen tambahan untuk menciptakan desain kemasan yang baik.

2. Ketahui target pasar

Mengetahui target pasar produk yang dijual bisa menjadi langkah pertama dalam merancang desain kemasan yang efektif. Ada banyak pertanyaan yang perlu diingat, seperti apakah target audiens adalah laki-laki atau perempuan, di mana mereka membeli produk, informasi apa yang akan dipertimbangkan saat membeli produk, bagaimana pengemasan mempengaruhi keputusan, dan sebagainya. Hal tersebut akan mempengaruhi palet warna, bentuk kemasan, dan elemen lainnya.

3. Ketahui produk apa yang ingin dijual

Desain kemasan diharapkan dapat menyampaikan arti dari suatu  produk dengan jelas dan tidak boleh menampilkan informasi atau gambar yang membuat konsumen kebingungan. Saat menggunakan gambar, harap gunakan gambar yang mendeskripsikan produk secara akurat.

Misalnya, Jika Anda menjual santan organik, biji-bijian non-transgenik, atau pakaian yang terbuat dari bahan ramah lingkungan, harap jelaskan detail ini karena dapat membuat Anda menonjol dari pesaing. Desain kemasan harus menyampaikan nilai barang yang terkandung.

Baca Juga : Jenis-Jenis Desain grafis yang Perlu Diketahui

4. Kualitas kemasan

Ketika Anda merasa produk itu berharga, yang perlu Anda perhatikan adalah kemasan yang berkualitas tinggi, bernilai tinggi, dan dapat diandalkan. Ketiganya saling terkait, membuat logo produk Anda semakin dipercaya oleh pembeli.

Anda tidak perlu membeli bahan mahal atau impor untuk mendapatkan kemasan yang berkualitas. Bahan lokal tidak kurang dari yang diimpor. Bahan-bahan ini telah menghasilkan banyak desain kemasan yang bagus, teruji, dan bernilai tinggi. Selain itu, gunakan stiker atau label dalam desain kemasan.

5. Pilih bahan yang tepat

Pemilihan material material packaging yang tepat harus menjaga bentuk, kesegaran dan kualitas produk secara keseluruhan. Ide-ide unik dapat berupa kemasan yang dapat digunakan kembali, kemasan origami dengan bentuk yang menarik, dan lain sebagainya.

Selain itu, pertimbangkan apa yang penting bagi konsumen, karena kemasan yang dapat didaur ulang dan berkelanjutan menjadi aspek yang lebih menonjol dan diinginkan serta dapat meningkatkan penjualan.

6. Jaminan kemasan yang bagus

Jika produk kalian bisa menghadirkan kemasan yang cantik, bisa dikatakan produk anda bagus. Namun, jika kemasan yang kalian berikan tidak dapat melindungi produk dengan aman, daya tarik saja tidak cukup. Anda harus menilai bahwa produk yang ingin diberikan kepada pembeli adalah produk yang berharga. Oleh karena itu, pembeli tidak perlu khawatir produk rusak akibat kemasan anda.

Misalnya, Anda menjual makanan ringan berupa biskuit. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan kemasan yang tahan lama agar tidak merusak biskuit. Selain itu, coba bungkusnya dengan udara agar produk tidak cepat berjamur. Ini penting karena keawetan produk kamu akan diuji melalui logistik.

7. Atur Tipografi

Desain visual penting bagi pembeli, jadi harap atur font dengan detail dan cara yang baik. Unsur-unsur tipografi meliputi pemilihan warna, penggunaan font, dan gaya penulisan yang sesuai. Anda perlu memperhatikan detail agar sesuai dengan identitas pada produk.

Pembeli cenderung memperhatikan artikel yang pendek tapi ringkas. Informasi yang dikirimkan akurat, sehingga calon pembeli tertarik untuk menggunakan produk Anda. Ingat, selain menyesuaikan layout, desain packaging yang harus kamu tampilkan juga harus simpel namun elegan.

Baca Juga :  Tips bagaimana cara cepat belajar desain

8. Buat desain kemasan edisi khusus dan terbatas

Bagi pembeli yang setia dengan produk Anda, biasanya mereka mencari desain kemasan versi khusus. Anda dapat menerbitkan edisi khusus dengan lampiran "terbatas". Ini akan membuat pembeli berlomba-lomba mendapatkannya.

Desain kemasan versi khusus membutuhkan inventaris terbatas. Oleh karena itu, pembeli akan mengadopsi prinsip “siapa yang lebih cepat akan mendapatkannya”. Selain itu, dengan memiliki edisi khusus, pembeli akan merasa bangga karena tidak yakin apakah edisi khusus tersebut akan muncul untuk kedua kalinya.

9. Pikirkan seperti apa tampilannya di toko ketika dipajang

Pikirkan di mana produk Anda akan dijual, dan perhatikan variabel yang bergantung pada lokasi ini. Ajukan beberapa pertanyaan kepada diri Anda sendiri, seperti berapa banyak kemasan yang bisa Anda lihat, font mana yang paling terlihat jelas dari sudut pandang konsumen, warna dan desain yang menonjol dari pesaing, dan sebagainya.

Jika Anda menjual produk secara online dan di beberapa toko, pertimbangkan desain yang cocok diantara atau di dalam setiap saluran.

10. Pilih pemasok yang tepat

Setelah selesai merencanakan desain kemasan yang keren sudah dilakukan, dan jenis material serta bentuk packaging sudah dipilih. Langkah terakhir sama pentingnya, yaitu memilih pemasok. Memilih pemasok pencetakan yang tepat sangat penting, karena kesalahan pencetakan terkecil dapat membuat produk akhir kemasan tidak sesuai dengan tujuan desain.

Jika Anda menemukan pemasok yang tepat, jangan lupa untuk menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan pemasok Anda. Jelaskan dengan tepat hasil akhir yang Anda inginkan, mintalah saran dari mereka tentang bahan terbaik untuk desain kemasan, dan sebagainya.

Baca Juga :  7 Prinsip Untuk Desain Logo yang Baik

Demikian 10 Tips Membuat Desain Kemasan Anda Semakin Menarik, perhatikan dengan cermat agar usaha kalian semakin maju dan lancar, Setelah pembeli tertarik untuk menggunakan produk Anda, harap pastikan bahwa Anda dapat memberikan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan.sekian dari admin sampai jumpa di postingan berikutnya.