Jenis logo dalam seni desain grafis
Jenis logo apa yang sering kalian lihat dalam kehidupan sehari-hari? Setiap orang ketika melakukan aktivitas sehari-hari tentu saja sering memandang di area sekitar, tidak jarang dari mereka menemukan dan melihat beraneka ragam gambar berbentuk logo.
Pada umumnya gambar logo banyak dijumpai di tempat makan, jalan raya, mall, pasar baju atau kaos, handphone, dan internet. Saat ini banyak orang yang coba melakukan branding atau promosi sebuah usaha melalui logo.
Logo merupakan bagian vital dari citra merek Anda. Meski logonya kecil, namun logo tetap bertanggung jawab atas banyak fungsi penting yang menentukan kesuksesan perusahaan atau usaha kalian, Ini adalah hal pertama yang dilihat calon konsumen saat mereka mengenal merek Anda.
Logo yang bagus memastikan bahwa produk Anda menonjol dengan fitur dan kelebihannya yang unik. Ikon yang dirancang dan didesain dengan benar dapat menambahkan sentuhan profesional pada dokumen perusahaan atau usaha anda, seragam karyawan, brosur pemasaran, dan item lain yang dapat meningkatkan kepribadian merek dengan jenis logo yang digunakan.
Logo memiliki semua bentuk dan ukuran yang bisa dibayangkan lewat pikiran. Anda bisa melihat ikon perusahaan di botol yogurt, label jeans, radiator mobil, billboard dan banyak tempat lainnya. Melihat lusinan logo setiap hari, kalian mungkin mengira semuanya terlihat sama. Ini adalah kesalahpahaman besar!.
Jika kita melihatnya, ada berbagai macam bentuk logo saat ini. Secara umum logo terbagi menjadi dua jenis elemen yaitu logomark dan logotype. Namun tahukah bahwa berbagai bentuk logo dapat diperjelas menjadi jenis yang lebih detail.
Logo adalah kombinasi font dan gambar, dan setiap jenis logo dapat menghadirkan nuansa berbeda pada merek, Karena logo adalah hal pertama yang dilihat pelanggan, maka logo ini harus didesain sesuai dengan filosofi perusahaan atau usaha kalian. Berikut jenis logo dalam seni desain grafis yang perlu diketahui.
Jenis logo dalam seni desain grafis
1. Emblem Logo
Emblem logo adalah jenis logo yang sering digunakan oleh perusahaan mobil dan klub sepak bola. Emblem logo selalu menggunakan perisai sebagai bentuk dasar logo. Saat diaplikasikan pada berbagai media, logo ini kurang cocok, akan tetapi logo ini memiliki tampilan yang lebih detail dan menarik serta tampilan yang lebih unik.Emblem Logo cenderung memiliki detail yang rumit, sehingga tidak sefleksibel jenis logo lainnya. Desain logo yang rumit tentu tidak akan mudah ditiru atau dijiplak oleh merek lain. Untuk kartu nama, logo yang rumit ini mungkin menyusut begitu kecil sehingga menjadi sulit untuk dibaca. Selain itu, jika kalian berencana untuk menyulam atau bordir logo seperti itu pada kemeja atau topi, maka Anda benar-benar perlu membuat desain yang sederhana.
Pada dasarnya, dalam pembuatan logo ini aspek penting tetap diberikan pada font yang sesuai untuk menggabungkannya dengan elemen yang dapat memberikan citra perusahaan. Jenis logo ini memang sangat tradisional, namun jika dicetak pada seragam atau produk fashion, mobil atau sekolah maka akan sangat cocok.
2. Abstract Logo
Abstract logo memiliki bentuk menyerupai gambar abstrak, dan bentuknya sulit dipahami. Biasanya logo jenis ini geometris atau organik. Akan tetapi bisa menjadi bentuk yang lebih kompleks. Membuat logo abstrak memang tidak semudah yang kita kira, karena dalam membuat desain nya kalian harus membuat membuat logo tersebut terlihat abstrak, tetapi harus tetap mempunyai arti, filosofi, tujuan, visi dan misi dari brand.Logo abstrak menghadirkan satu atau lebih bentuk geometris seperti : belah ketupat, segitiga, persegi, garis lurus, dan bentuk lainnya yang ada di pikiran kalian, Keunggulan dari logo abstrak adalah kalian dapat secara simbolis menyampaikan hasil kerja perusahaan tanpa harus bergantung pada makna gambar tertentu.
Baca Juga : Website terbaik untuk inspirasi desain grafis
Logo abstrak pada dasarnya tidak memiliki arti, sehingga anda harus menentukan makna logo tersebut sebelum membuat logo, karena makna yang ingin diungkapkan akan menjadi komponen yang dibutuhkan dalam proses pembentukan logo. Karena abstrak, bisa jadi logo kalian tidak jelas atau disalahpahami orang. Pastikan memilih komponen dan bentuk yang tepat.
3. Wordmark Logo
Wordmark logo merupakan logo yang dibentuk dengan hanya menggunakan teks nama perusahaan sebagai logo tanpa menambahkan gambar atau simbol. Perusahaan mengkomunikasikan filosofinya dengan menggunakan jenis logo ini, yaitu memberikan jenis teks dan warna, dan menambahkan pesan khusus di ruang kosong.Logo berikut pasti sudah tidak asing lagi bagi kita, Hampir setiap hari kita menggunakan Google sebagai alat pencarian informasi, dan nama perusahaan hanya terdiri dari satu kata saja, seperti Facebook, Disney, dan Microsoft. Coca-Cola terdiri dari dua kata sederhana dan pendek, dan FedEx adalah singkatan dari FedEx.
Logo Wordmark bergantung pada jenis font tertentu untuk branding, jadi pemilihan font tentu saja sangat penting. Usahakan untuk membuat logo jenis ini, sebaiknya dengan font yang unik dan berbeda. Juga, perhatikan font dengan karakter dengan logo yang ada.
4. Pictorial Mark Logo
Pictorial Mark Logo adalah logo yang dirancang dengan simbol atau gambar kreatif yang unik untuk membuat logo perusahaan. Dalam logo jenis ini, teks nama perusahaan ditambahkan sebagai elemen tambahan dari logo.Pictorial Mark Logo tidak lagi mencantumkan font sebagai alat identifikasi dalam proses pembuatannya, tetapi biasanya menggunakan jenis gambar atau simbol yang mudah dikenali atau dipahami sebagai gambaran perusahaan atau produk yang disediakan.
Jika ingin menggunakan jenis logo ini, sudah sepantasnya nama perusahaan tersebut menyerupai suatu benda (misalnya lambang Apple dari Apple atau burung pada logo Twitter) yang mirip dengan benda tersebut. Jika perusahaan Anda masih baru dan tidak dikenal, sebaiknya gunakan logo ini dikombinasikan dengan tipografi.
Ini hanya untuk mencegah kebingungan konsumen dan merupakan salah satu bentuk awal dari merek. Jika bisnis Anda terus berkembang, logo Anda pada akhirnya dapat dapat digunakan kembali tanpa harus memasukkan tipografi.
5. Letter Form Logo
Letter Form Logo adalah logo yang dirancang dengan menggunakan satu atau dua singkatan perusahaan, Singkatan dibentuk sebagai elemen utama dalam bentuk yang seunik mungkin, dan ditambahkan gambar atau simbol sebagai elemen pembantu. Dalam jenis logo ini, nama perusahaan juga akan disisipkan sebagai informasi yang disempurnakan untuk logo tersebut.Baca Juga : Jenis-Jenis Desain grafis yang Perlu Diketahui
Selain itu logo ini tidak harus fokus pada penggunaan huruf, biasanya logonya lebih ramping dan tebal, karena logo tidak menampilkan nama perusahaan secara lengkap, tetapi harus dibuat otomatis mengingat perusahaan setiap kali pengguna melihat nama logo.
Jika ingin menggunakan logo jenis ini, tidak banyak perbedaan antara Letter Form Logo dan wordmark logo, karena memiliki kemiripan dalam kesederhanaan logo. Pastikan untuk menggunakan nama perusahaan anda (biasanya sangat panjang) sebagai singkatan yang mudah diingat, karena di kedua logo tersebut, tidak ada fitur unik luar biasa yang dapat menggambarkan jenis bisnis kalian dalam waktu singkat, tetapi pilihlah yang tepat Anda tidak perlu khawatir tentang font dan warna, karena konsumen akan terbiasa dan mengingatnya sendiri.
6. Combination Mark Logo
Sesuai dengan namanya, logo ini dibuat dengan kombinasi kata mark atau letter mark dan simbol, abstrak atau logo maskot. Gambar dan teks dapat digabungkan satu sama lain, ditumpuk atau diintegrasikan bersama untuk membuat logo komunikasi yang menarik.Baca Juga : 7 Prinsip Untuk Desain Logo yang Baik
Logo jenis ini akan memberikan gambaran objek yang abstrak dan jelas, serta dilengkapi dengan kata-kata, sehingga kemungkinan ambiguitas logo abstrak dapat dihindari. Namun, jika Anda menggunakan jenis logo ini, pilihlah elemen logo dengan hati-hati dan pastikan tidak terlalu banyak elemen yang membuat logo terlalu ramai dan tidak menarik.
Karena nama dikaitkan dengan gambar, logo gabungan adalah pilihan lengkap, dan teks serta ikon atau maskot dapat bekerja sama untuk meningkatkan merek Anda. Dengan logo kombinasi, orang juga akan segera mulai mengasosiasikan nama Anda dengan logo grafis atau maskot Anda.
Di masa mendatang, kalian mungkin dapat mengandalkan sepenuhnya pada simbol logo daripada menyertakan nama Anda. Selain itu, karena kombinasi simbol dan teks menghasilkan gambar yang berbeda pada saat yang sama, logo ini biasanya lebih mudah didaftarkan sebagai merek dagang daripada satu logo.
Seperti namanya, logo ini biasanya menggunakan bentuk kartun, baik itu manusia maupun binatang. Jika Anda menginginkan logo yang terlihat menarik dan penuh warna, jenis logo ini sangat ideal. Jika bisnis Anda terus berkembang, Anda bisa mengembangkan maskot logo untuk digunakan dalam media promosi (seperti merchandise).
Maskot hanyalah karakter grafis yang mewakili perusahaan Anda. Anggap mereka sebagai duta bisnis Anda. Maskot terkenal termasuk Kul Aid, Kolonel KFC dan Mr. Salvador serta peanut Planter. Sebagai rekomendasi penggunaan maskot sangat cocok untuk perusahaan yang ingin menciptakan serta membuat suasana sehat dengan menarik keluarga dan anak-anak. Pikirkan tentang semua maskot dalam acara olahraga dan motivasi luar biasa yang mereka ciptakan dengan berinteraksi dengan penonton
Baca Juga : Tips bagaimana cara cepat belajar desain
Karena nama dikaitkan dengan gambar, logo gabungan adalah pilihan lengkap, dan teks serta ikon atau maskot dapat bekerja sama untuk meningkatkan merek Anda. Dengan logo kombinasi, orang juga akan segera mulai mengasosiasikan nama Anda dengan logo grafis atau maskot Anda.
Di masa mendatang, kalian mungkin dapat mengandalkan sepenuhnya pada simbol logo daripada menyertakan nama Anda. Selain itu, karena kombinasi simbol dan teks menghasilkan gambar yang berbeda pada saat yang sama, logo ini biasanya lebih mudah didaftarkan sebagai merek dagang daripada satu logo.
7. Mascot Logo
Mascot Logo merupakan logo yang didesain dengan maskot sebagai elemen utamanya. Logo tersebut digandrungi banyak orang karena keunikannya meski terbilang sulit diterapkan di berbagai media. Karena terdapat maskot pada logo tersebut, maka logo tersebut mudah dikenali dan diingat.Seperti namanya, logo ini biasanya menggunakan bentuk kartun, baik itu manusia maupun binatang. Jika Anda menginginkan logo yang terlihat menarik dan penuh warna, jenis logo ini sangat ideal. Jika bisnis Anda terus berkembang, Anda bisa mengembangkan maskot logo untuk digunakan dalam media promosi (seperti merchandise).
Maskot hanyalah karakter grafis yang mewakili perusahaan Anda. Anggap mereka sebagai duta bisnis Anda. Maskot terkenal termasuk Kul Aid, Kolonel KFC dan Mr. Salvador serta peanut Planter. Sebagai rekomendasi penggunaan maskot sangat cocok untuk perusahaan yang ingin menciptakan serta membuat suasana sehat dengan menarik keluarga dan anak-anak. Pikirkan tentang semua maskot dalam acara olahraga dan motivasi luar biasa yang mereka ciptakan dengan berinteraksi dengan penonton
Baca Juga : Tips bagaimana cara cepat belajar desain
Ini adalah beberapa Jenis logo dalam seni desain grafis. Setiap logo memiliki keunikan tersendiri dan memiliki kelebihan dan fungsi yang berbeda di setiap aplikasinya. Saya berharap artikel tentang jenis dan contoh logo ini dapat memberikan referensi ilmu desain grafis yang terus berkembang.
Admin berharap dengan artikel kalian bisa menentukan jenis logo mana yang tepat untuk logo usaha atau perusahaan kalian, untuk dijadikan referensi blog ini akan memberikan tutorial kepada kalian tentang bagaimana membuat sebuah desain logo di coreldraw, sekian dari admin sampai jumpa di postingan berikutnya.
Admin berharap dengan artikel kalian bisa menentukan jenis logo mana yang tepat untuk logo usaha atau perusahaan kalian, untuk dijadikan referensi blog ini akan memberikan tutorial kepada kalian tentang bagaimana membuat sebuah desain logo di coreldraw, sekian dari admin sampai jumpa di postingan berikutnya.