-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desain Spanduk Menarik dan Unsur Pembuatanya



desain spanduk menarik

Desain Spanduk Menarik dan Unsur Pembuatanya  merupakan suatu  langkah yang harus anda lakukan agar spanduk yang kamu buat memiliki hasil yang baik dan memiliki daya tarik. Spanduk adalah bentuk media yang paling banyak digunakan saat ini untuk mempromosikan atau mempublikasikan sesuatu ke masyarakat.


Hal ini disebabkan karena karena dari segi ukuran, spanduk memiliki ukuran yang besar jika dibandingkan dengan media promosi lainnya seperti pamflet. Kebutuhan masyarakat untuk melakukan publikasi sangat besar sekarang ini, karena ada sangat banyak produk yang harus dipasarkan khususnya para pelaku usaha.


Isi dari spanduk biasanya memuat informasi seperti, pendaftaran siswa atau mahasiswa baru, info festival musik, dan informasi penting lainnya yang dapat dipublikasikan dengan menggunakan spanduk.

Baca juga : 8 Langkah Bagaimana Membuat Desain Flyer Keren


Dengan banyaknya kebutuhan untuk membuat suatu publikasi dengan media spanduk membuat kebutuhan akan jasa desain spanduk menjadi meningkat. Dan hal ini yang coba dimanfaatkan oleh para desainer grafis serta tempat percetakan spanduk.


Untuk sebagian orang membuat desain spanduk menarik  bukanlah hal yang sulit untuk  dilakukan, akan tetapi dibutuhkan suatu ketelitian dan nilai estetika yang tinggi untuk menghasilkan spanduk yang tidak saja hanya memberikan informasi, akan tetapi enak dipandang oleh mata. anda pun dapat  menghasilkan spanduk seperti ini.


Sebelum membuat spanduk, kamu perlu mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian spanduk


Spanduk adalah sebuah kain rentang yang berisikan propaganda, slogan dan  juga berita yang perlu diketahui oleh masyarakat. Pengertian lain dari spanduk adalah kain yang membentang yang biasanya juga berada di pinggir jalan yang berisi sebuah teks berwarna dan juga bergambar.


Spanduk juga merupakan sebuah media informasi dan media untuk beriklan, dan biasanya dibuat dengan sebuah cat, sablon (screen printing) atau dengan menggunakan cat mesin diatas sebuah media tertentu.


Buat era saat ini Spanduk adalah media promosi yang lumayan terkenal dikala ini, disebabkan harga dari spanduk yang lumayan murah serta pula proses dari pengerjaannya yang kilat dan mempunyai dimensi yang besar sehingga mempermudah orang lain buat melihatnya.


Kain rentang ini dibutuhkan karena merupakan media promosi untuk bisa memperkenalkan atau juga untuk membuat masyarakat umum mengetahui sebuah perusahaan dan juga sebuah produk.


Setelah teman-teman mengetahui pengertian spanduk, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui jenis  dan manfaat spanduk.

Jenis spanduk


Pada umumnya yang tersebar di lingkungan masyarakat, kain rentang ini memiliki tiga jenis, dan disesuaikan dengan media serta biaya pembuatanya.

Spanduk sablon


Jenis ini biasanya paling umum digunakan sebelum maraknya digital printing, kelebihan dari spanduk ini adalah dapat dicetak dalam jumlah banyak dalam waktu sehari, akan tetapi rentang luntur jika terkena air apabila campuran catnya tidak pas.

Spanduk spray


Melihat kekurangan dari jenis sablon yang rentang luntur jika terkena air, untuk jenis spray tidak mudah luntur jika terkena air, akan tetapi kekurangannya jika dibandingkan dengan jenis sablon adalah proses pengerjaannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca  Juga : Tips Membuat Id Card Menarik dan Unik

Spanduk printing


Jenis ini yang paling banyak kita jumpai di lingkungan masyarakat sekarang ini, selain pengerjaanya cepat dan juga terlihat menarik, akan tetapi untuk jenis ini tentunya membutuhkan biaya yang tergolong besar untuk tampilan dan ukuran tertentu.

Manfaat spanduk


Kain rentang ini  umumnya digunakan sebagai media penyampaian informasi baik di luar ruang maupun dalam ruang. Untuk ukurannya bervariasi tergantung pada kebutuhan. Kebanyakan orang memilih media ini untuk promosi  karena selain harga cetaknya yang terjangkau juga memiliki ruang yang luas untuk informasi yang akan disampaikan.


Selanjutnya admin akan menyampaikan bahan spanduk  dan media pembuatan spanduk.


Bahan spanduk  dan media pembuatan spanduk

Flexi China

Tipe bahan cetak spanduk serta banner yang satu ini mempunyai permukaan yang kasar, agak tipis serta berserat. Bahan ini pula bagus bila digunakan buat pembuatan spanduk indoor.

Flexi Korea

Bahan cetak spanduk serta banner yang satu ini mempunyai mutu yang lebih bagus dibanding Flexi Cina. Sebab teksturnya yang lebih halus sehingga dapat menciptakan cetakan yang lebih bagus. Dengan ketebalan yang baik tidak tidak sering bahan ini kerap dipakai buat pembuatan media promosi baik itu spanduk maupun banner outdoor.

Flexi Jerman

Mutu bahan ini tidak butuh diragukan lagi sebab teruji lebih bagus dibanding bahan Flexi Cina serta Korea. Tidak hanya itu ketebalan Flexi Jerman sangat baik buat pembuatan media iklan yang dipasang secara outdoor.

Albatros

Tipe bahan cetak spanduk serta banner yang satu ini mempunyai tekstur yang halus serta lembut sehingga sangat sesuai dipakai buat pembuatan media promosi indoor. Apalagi terdapat pula yang memakai bahan ini bagaikan media buat cetak gambar berdimensi besar namun wajib dicoba pengaturannya secara pas supaya hasil cetak gambar terus menjadi bagus.

Easy Banner

Bahan ini masih belum banyak dikenal oleh warga namun umumnya dipakai buat pembuatan Standing Banner Outdoor. Ciri bahan ini agak kaku serta agresif sehingga sangat sesuai buat media outdoor.

Luster

Bahan yang satu ini memiliki tekstur yang agak agresif, mengkilap dan tipis. Umumnya bahan luster dipakai buat pembuatan media iklan indoor semacam X Banner dan Roll Up Banner. Sebab sifatnya yang telah mengkilap menjadikan bahan ini tidak butuh dilaminasi lagi.

Banner Cloth

Bahan spanduk serta banner ini sesungguhnya nyaris mirip dengan kain sebab dapat dipakai buat cetak banner secara digital printing. Umumnya bermacam kegiatan kerap memakai Banner Cloth ini buat diikat dengan balon serta diterbangkan sebab ciri Banner Cloth yang cenderung ringan.


Berikutnya admin akan memberikan informasi mengenai artikel ini yaitu 6 Unsur Penting Dalam Desain Spanduk Menarik

ukuran spanduk dan harga spanduk


untuk sekarang ini ukuran dari spanduk sudah sangat bervariasi, hal ini tergantung dengan selera anda, akan tetapi umumnya spanduk memiliki lebar dan panjang sebagai berikut:

ukuran spanduk 1x1

ukuran spanduk 2x1, 2 x 1,5 m, 2 x 4,5 m

ukuran spanduk 3x2, 3 x 0,8 m, 3 x 1 m

ukuran spanduk 4 x 0,8 m, 5 x 1 m


adapun untuk harga spanduk disesuaikan dengan tempat percetakan masing-masing, karena setiap tempat di suatu daerah memiliki jangkauan harga tersendiri, akan tetapi pada umumnya untuk referensi dari MITRA GRAPHIA harga seperti ini.


Flexy China 280 GSM, Rp. 12. 000/ M persegi

Flexy China 340 GSM, Rp. 28. 000/ M persegi

Flexy Korea 440 GSM, Rp. 40. 000/ M persegi

Flexy Jerman 550 GSM, Rp. 100. 000/ M persegi

Flexy Backlite 550 GSM, Rp. 100. 000/ M persegi


Selanjutnya admin akan memberikan informasi inti dari artikel.

Unsur Penting Dalam Desain Spanduk Menarik


  Tentukan sasaran target


Sasaran target merupakan hal pertama anda rencanakan, karena akan mempengaruhi desain dan maksimal atau tidak promosi kamu, jika target anda anak sekolah buatlah desain mengenai hal yang disukai oleh anak sekolahan, jangan buat desain dengan target para pekerja tentu hal tersebut tidak relevan.

  Kontras warna yang tepat


Pemilihan warna juga mempengaruhi desain spanduk teman-teman, gunakan perpaduan unsur warna gelap dan  terang dalam membuat desain, jika warna terang anda padukan dengan  warna terang maka akan terlihat norak atau tidak enak dilihat, maka dari itu perhatikan unsur ini.

  Pemilihan huruf yang baik


Gunakan huruf yang jelas dibaca dan tidak membingungkan, karena hal tersebut juga mempengaruhi pesan yang ingin disampaikan melalui media iklan yang anda gunakan.

  Perpaduan tebal dan ukuran huruf


Gunakan perpaduan antara huruf kecil dan huruf besar, beserta beri tebal untuk kata yang kamu anggap penting, misalnya judul tentunya diberikan ukuran huruf yang lebih besar jika dibandingkan dengan isinya, olehnya itu perhatikan hal ini.

  Konsep desain yang menarik


Banyak cara untuk mendesain spanduk, kamu bisa melakukan secara manual atau secara digital, tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, desain spanduk ini adalah hal yang sangat penting, karena merupakan tampilan awal yang dilihat oleh orang lain.


Perpaduan antara gambar huruf


Desain yang baik itu perpaduan antara gambar dan huruf , jadi agar desain teman-teman bisa terlihat menarik  sisipkan gambar yang relevan dan dipadukan dengan teks.


Selain cara pembuatan spanduk teman-teman juga perlu mengetahui contoh spanduk yang sering dijumpai  disekitar kita.

Contoh Spanduk

spanduk Ramadhan


jenis ini biasanya hanya kita jumpai pada saat musim tertentu seperti pada saat bulan Ramadhan, atau menjelang masuk Ramadhan.

 spanduk laundry


untuk spanduk ini sering digunakan bagi para pelaku usaha yang mempromosikan usaha laundry mereka, biasanya berisi seputar harga,cepat, dan layanan yang ditawarkan.

 spanduk kegiatan


untuk yang satu paling sering di jumpai di tempat umum apakah itu disekolah, di tempat halte, di terminal, dan lain sebagainya, karena sifatnya umum untuk memberikan informasi kegiatan tertentu kepada masyarakat.

 spanduk konter


jenis  ini hanya digunakan untuk pelaku usaha jualan pulsa atau aksesoris handphone, dan isinya memberikan informasi terkait harga pulsa atau promo aksesoris yang ditawarkan di konter tersebut.

spanduk makanan


untuk jenis ini banyak juga dibuat dalam bentuk brosur, akan tetapi fungsinya sama saja sebagai media promosi, dan isinya seputar menu makanan dan harga yang ditawarkan serta beberapa fasilitas yang ditawarkan khusus untuk warung makanan.


Tentu dengan beberapa penjelasan mengenai desain spanduk menarik, dapat memberikan inspirasi kepada teman-teman agar kedepannya bisa dijadikan referensi dalam pembuatan spanduk, mohon maaf untuk segala kekurangan dalam penulisan artikel ini, sampai jumpa di postingan berikutnya.



Terima kasih.