-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi desain grafis untuk calon desainer


Aplikasi desain grafis
5 Aplikasi desain grafis untuk calon desainer

5 Aplikasi desain grafis untuk calon desainer. Aplikasi desain grafis di era milenial sekarang ini semakin sangat diminati apalagi bagi mereka yang ingin menjadi calon desainer, tentu wajib memiliki aplikasi desain grafis sebagai wadah membuat sebuah karya desain grafis untuk bisa menghasilkan nilai jual di masyarakat.


Pengertian Aplikasi desain grafis sendiri merupakan sebuah program perangkat lunak digunakan dalam membuat sebuah dan beberapa karya desain grafis. Dengan perangkat lunak aplikasi desain grafis ini dapat membuat anda memanipulasi gambar atau object secara visual di PC atau komputer milik kalian.


Aplikasi desain grafis saat ini ada berfokus hanya menyajikan tampilan 2 dimensi (2D), ada juga berfokus hanya menyajikan tampilan 3 dimensi (3D) hal ini tergantung dari kategori grafik raster dan grafik vektor, akan tetapi ada juga berfokus pada keduanya.


Bagi seorang pemula atau baru mengenali desain grafis ingin bercita-cita menjadi calon desainer, sebaiknya mengenali jika desain grafis sendiri adalah pengetahuan berasal dari seni desain dengan memanfaatkan bantuan komputer atau PC untuk proses pembuatannya.


Seni desain grafis ini meliputi keterampilan visual yang memuat tipografi, ilustrasi, pemrosesan gambar, serta pengaturan letak suatu objek. Orang yang bekerja serta membuat sebuah karya desain melalui wadah aplikasi desain grafis dalam sektor ini disebut desainer grafis.



Sekarang ini banyak tipe aplikasi desain grafis, baik gratis atau berbayar. Munculnya bermacam perangkat lunak desain grafis ini sesuai keperluan dan prioritas pemakai yang ada.


Di dunia desain grafis, ada bermacam jenis aplikasi desain grafis untuk calon desainer yang baik serta populer dapat dipakai untuk kalangan pemula hingga profesional. Akan tetapi dengan perkembangan serta perubahan teknologi semakin cepat, melahirkan banyak aplikasi desain grafis digunakan sesuai keperluan. Dimulai dari yang simpel sampai paling susah.


Pada artikel ini admin pedalaman akan memberikan kepada kalian beberapa aplikasi desain grafis bagi anda calon desainer yang mudah anda gunakan untuk membuat sebuah karya desain grafis dengan mempertimbangkan kekurangan serta kelebihannya.

5 Aplikasi desain grafis bagi anda calon desainer


1. Coreldraw


software desain grafis
Aplikasi desain grafis coreldraw

Bagi seorang desainer website atau desainer grafis, Coreldraw adalah salah satu aplikasi desain grafis berbasis vektor yang banyak digunakan saat ini. Bukan tanpa alasan mengapa banyak orang menggunakan aplikasi desain grafis ini, karena menawarkan kemudahan dalam membuat sebuah desain berbasis vektor.


Dengan Coreldraw kalian bebas dalam membuat sebuah desain vektor  agar terlihat keren juga mudah dalam proses pembuatanya. Bila memakai Coreldraw versi X5 ke atas, kamu mendapatkan fitur inbuilt organizer (Corel CONNECT).

Baca Juga  : 
Business Flyer dan Tips Membuatnya 


Ada banyak tools pada 
Corel CONNECT seperti Twirl, Smear, Repel dan Attract yang membuat proses koreksi object vektor jadi benar-benar gampang. Tutorial Alignment memungkinkan kamu untuk menempatkan object sesuai keperluan.


Aplikasi desain grafis ini dapat membuka file berukuran besar dengan bantuan Corel Photo-Paint, bagi anda calon desainer grafis memiliki kemudian mempelajari desain grafis jenis coreldraw ini harus kamu lakukan.

kelebihan coreldraw

  • Hasil grafik vektor baik sekali


Sebagai software berbasis grafik vektor, tidak ada meragukan kemampuan Coreldraw dalam hasilkan grafik vektor dengan resolusi tinggi atau umumnya dikatakan High Definition (HD).

  •  Pola Ekspor dan Impor bervariasi


Keunggulan lain dari Coreldraw yakni terdapatnya bermacam pola untuk keperluan mengekspor dan mengimport file. Bila dikalkulasikan, minimal ada 30 tipe pola bisa dipilih. Mulai yang umum seperti pola Portable Document Pola (.pdf) sampai pola yang jarang dipakai seperti Corel Presentation Exchange (.cmx).

  • Gampang Dijalankan


Software Coreldraw tergolong program kompleks yang gampang juga tidak repot dalam pengoprasiannya. Bahkan juga admin menjelaskan bila program ini semakin lebih gampang dioperasionalkan dibanding beberapa kompetitornya seperti Adobe Illustrator dan sebagainya.

  • Banyak tersedia Tools


memiliki banyak  tools merupakan suatu nilai plus coreldraw. Karena hal tersebut sangat membantu dalam mempermudah dalam membuat sebuah desain grafis.

  • Terkenal di Industri/Perusahaan


Tidak bisa disangkal, saat ini program Coreldraw jadi program terkenal dipakai dalam kepentingan industri atau perusahaan. Misalkan saja perusahaan percetakan di Makassar, hingga kota besar di Indonesia nyaris semuaya memakai Coreldraw untuk penuhi keperluan desain konsumen setia.

Kekurangan Coreldraw

  • Ketidaksamaan warna desain saat dicetak/publish


Salah satu kekurangan dari penggunaan Coreldraw ialah permasalahan ketidakcocokan di antara warna desain dan hasil cetaknya. Walau banyak tulisan di Internet mengenai bagaimana menangani permasalahan itu. kalian bisa setting apakah menggunakan format  RGB atau CMYK pada saat ingin dicetak atau dipublish.

  • Susah Membuat Tabel


Membuat objek tabel umumnya benar-benar gampang dibikin bila memakai program pengolah angka, tetapi rupanya keringanan itu tidak berlaku di Corelcraw. Dalam program pengolah objek vektor ini dibutuhkan banyak cara hanya  sekedar membuat satu tabel simpel

  • Kurang dalam Merekayasa Photo/Gambar (Bitmap)


Walau Coreldraw sediakan fitur pengubah photo, tetapi program ini masih tidak cukup pas dalam mengubah photo. Jadi untuk manipulasi photo, admin tidak merekomendasikan untuk memakai program ini.

  •  Rumor Kompatibilitas.


Banyak kasus ditemui file berformat coreldraw (.cdr) yang dibikin memakai CorelDraw versi lebih baru atau tinggi tidak bisa dibuka memakai versi lebih rendah.

2. Adobe Photoshop


software desain grafis
Aplikasi desain grafis adobe photoshop

Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi desain grafis terpopuler sekarang ini. Walau sesungguhnya aplikasi ini secara eksklusif direncanakan untuk merekayasa object atau gambar dan biasa dipakai oleh beberapa photografer untuk mengubah photo hasil jepretannya supaya nampak lebih menarik.


Tetapi, Adobe Photoshop juga dapat digunakan untuk membuat beberapa karya desain grafis seperti membuat banner, manipulasi objek gambar, typografi, brosur , flyer dan lain-lain.


Karena pemakai aplikasi desain grafis ini sudah banyak sehingga kamu dapat mempelajari software ini melalui buku-buku panduan, video, serta website desain grafis. Tentu dengan penyajian tutorial lengkap dari pemula hingga professional.


Kelebihan Adobe Photoshop

  • Membuat typografi tulisan dengan effect spesial.


Adobe Photoshop bisa mengganti serta merubah bentuk tulisan buatan anda menjadi lebih kreatif serta inovatif dengan bantuan effect pada Software Adobe Photoshop. Aplikasi ini mempunyai kemudahan dalam membuat, membaca dan menulis gambar meskipun dalam format raster atau vektor seperti.png,.gif,.jpeg, dan sebagainya, aplikasi Adobe Photoshop ini mempunyai beberapa pola file ciri khas seperti :

a. PSD (Photoshop Document)


Merupakan fitur penyimpanan gambar berbentuk layer, terhitung text, mask, opacity, blend model, chanel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone.

b. PSB


Merupakan versi terkini dari PSD yang dibuat untuk memuat file dengan ukuran lebih dari 2 Gigabyte.

c. PDD


Merupakan versi lain dari PSD hanya bisa memberikan dukungan spesifikasi perangkat lunak PhotshopDeluxe.

  • Membuat struktur dan kerangka desain yang variatif.


Dengan beberapa langkah spesifik, seorang Pendesain bisa membuat desain gambar misalkan daun, logam, air, dan berbagai gambar yang lain dengan memakai effect-effect pada software Adobe Photoshop.

  • Mengubah photo dan gambar yang telah ada.


Adobe Photoshop dapat merubah kualitas gambar menjadi lebih baik. Disamping itu , Adobe Photoshop bisa mengubah photo seorang jadi suatu gambar kartun dan beberapa gambar lainnya yang kita harapkan. Dalam Desain Grafis umumnya disebutkan Vector atau Vexel. Vector dan Vexel pada Adobe Photoshop ini sediakan filter "reduce grain" atau bisa disimpulkan (kurangi grain) yang bisa membantu memaksimalkan gambar atau foto yang diambil pada keadaan kekurangan sinar cahaya atau gelap.

  • Mengolah materi Website.


Adobe Photoshop dapat dipakai untuk kepentingan situs, misalkan: dalam kompres file gambar supaya ukuran lebih kecil atau besar pas untuk keperluan/kepentingan, menggunting gambar kecil-kecil (slice), dan membuat situs foto gallery. Dengan Adobe Gambar Ready, gambar yang telah ada bisa dibikin untuk kepentingan situs.

Kekurangan  Adobe Photoshop 

  • Hanya bisa digunakan pada gambar statis


Kekurangan Adobe Photoshop dalam membuat gambar ialah jika Adobe Photoshop cuman bisa dipakai untuk membuat gambar statis, dan dengan perkembangan versi Adobe Photoshop saat ini spesifikasi Computer untuk jalankan program Adobe Photoshop harus juga mempunyai 
spesifikasi computer tinggi dan jelas harganya cukup mahal.

  • Penyimpanan Besar


Ukuran penyimpanan file relatif besar jika ada beberapa layer dan ukuran gambar yang besar.

  • Sistem layer masih statis 


Semakin lebih sulit saat mengubah gambar dari banyak layer yang dikombinasi. karena harus di ungrup terlebih dahulu

3. Adobe Illustrator


software desain grafis
Aplikasi desain grafis adobe illustrator

Apabila mau membuat suatu desain vektor (vector) seperti sketsa, tipografi atau bahkan juga desain contoh yang lebih kompleks untuk keperluan video, Adobe Illustrator adalah opsi pas untuk kerjakan itu semua.


Dengan Adobe Illustrator, seluruh pekerjaan desain kamu akan semakin cepat diselesaikan. Software desain ini datang dengan plugin paling menolong sekali dalam membuat halaman situs atau landing page menjadi lebih menarik.


Pada versi terkini, kamu akan mendapatkan feature seperti Creative Cloud, dapat kamu gunakan dalam memakai program pada PC desktop atau Mac.

Baca Juga  : 
Desain Banner dan Tips Agar Terlihat Menarik

Untuk sekarang ini perkembangan dari Illustrator sangat pesat hal ini di sebabkan karena adanya tools seperti Touch-type and The Free Transform akan membuat hasil dari karya desain grafis kamu lebih menarik dan bernilai jual.


Kelebihan adobe illustrator

  • Fitur kombinasi


Adobe Illustrator m
emiliki berbagai Fitur kombinasi dari coreldraw atau photoshop akan tetapi pada palikasi ini dibuat lebih sederhana

  • Resolusi desain tinggi


Adobe Illustrator memiliki Resolusi hasil akhir  yang tinggi dari sebuah karya desain grafis serta mempunyai hasil cetakan dengan resolusi tinggi.

  • Tampak Garis dan warna


Adobe Illustrator sangat cocok untuk ilustrasi, simbol, dan vector gambar yang lain, karena Garis nampak terang hal ini disebabkan karena adanya guide rules, kemudian warna dihasilkan sangat halus dan enak dilihat.

  • Kapabilitas


Adobe Illustrator dapat menampung atau mengakses file besar diatas 50 MB, dan dapat terakses dengan aplikasi bawaan adobe lainnya, seperti adobe photoshop, dan lain-lain.

  • Penyimpanan

Ukuran file setelah di save lebih kecil, sehingga dapaat menghemat penyimpanan memory.

Kekurangan adobe illustrator


  • Kemudahan membuat desain grafis


Meskipun memiliki  fitur komplit tetapi untuk membuat layout merupakan suatu hal yang sulit serta tidak begitu baik pemakaian fitur power clip-nya sehingga hasil desain akan nampak datar bila tidak di otak atik kembali.

  • Harga

Adobe Illustrator memiliki harga termasuk lumayan mahal di pasaran untuk mendaptkan lisensi premiumnya.


4. Canva


software desain grafis
Aplikasi desain grafis canva

Beberapa orang kemungkinan lebih mengenali Canva sebagai sarana untuk bikin CV. Walau sebenarnya tools ini bisa juga digunakan selaku software desain grafis.


Contoh-contoh project dapat kamu kerjakan secara Canva yaitu membuat header e-mail, presentasi sampai infografis website. Penampilan Canva yang intuitif akan gampang dimengerti oleh pemula.


Tidaklah aneh jika sampai saat ini, Canva telah dipakai oleh lebih dari 10 juta pemakai. Berikut keuntungan lain memakai Canva:

Kelebihan Canva


  •  Memiliki banyak Template


Canva mempunyai beberapa puluh ribu koleksi template serta gambar siap dipakai, anda tidak mesti bayar serupiahpun untuk memakai gambar yang ada.

  • Fleksibel


Canva dapat dijangkau oleh computer dan perangkat apa saja, karena memiliki banyak template, gambar, font sehingga cuman perlu beberapa menit bahkan 5 menit saja karya desain grafis anda sudah selesai serta langsung bisa dibagi ke media sosial, hasil desainya pun tidak kalah hebat dengan hasil desain dari coreldraw dan adobe photoshop.


Kekurangan  Canva


  • Terkoneksi internet


Canva memerlukan 
koneksi internet cepat agar saat agar desain anda tidak terhambat, serta memakai koneksi internet saat mengekspor gambar anda, sehingga jika hasil gambar yang tidak berhasil diekspor umumnya dipengaruhi sebab jaringan.

  • Keterbatasan untuk proyek desain kompleks


Canva t
idak pas untuk dipakai dalam project yang lebih kompleks, kemudian kalian 
tidak bisa mengganti ukuran gambar jika kamu memakai versi gratis.


5. Inkscape



software desain grafis
 Aplikasi desain grafis inkscape

Inkscape ialah aplikasi desain grafis open source serta gratis. Aplikasi ini dapat membuat vektor dengan mudah dan mempunyai bermacam alat pengeditan vektor. Berperan untuk manipulasi unsur grafik, seperti bentuk, lajur, text, klon, gradien, efek transparan, dan yang lain. Bisa ditaruh dalam pola SVG, EPS, JPG, BMP, PNG, PostScript, atau TIP yang bisa di-export ke pola berbasiskan vektor.


Pemakai Inkscape diperuntukkan untuk seorang pendesain grafis profesional atau untuk kalian yang cuman pengin membuat gambar vektor, sketsa, mewarnai pada gambar, atau desain contoh dengan gampang.


Kelebihan lain pada software ini yakni mempunyai penampilan antar muka yang simpel dan gampang dipakai . Software desain ini memiliki sifat open source yang lagi ditingkatkan.

Baca Juga  : 
Cara Membuat Brosur Yang Baik Untuk Promosi

Walau demikian, kalian harus juga bersabar waktu memakai Inkscape sebab tidak cepat seperti software punya Adobe.

Kelebihan Inkscape


  •  Bersifat Open Source


Inkscape berbasiskan Open Source Alias Gratis, sehingga kita tak perlu beli lisensi yang mahal untuk dapat menikmati vector editor ini dengan Full Lisensi. 
Meskipun gratis, toolsnya tidak kalah dengan aplikasi desain grafis yang berbayar.

  •  Mudah dalam pengoperasian


Enteng Untuk dioperasikan. Untuk software ini tidak membutuhkan spesifikasi computer tinggi, tidak seperti software editor  lain, dasarnya jangan cemas inkscape bisa berjalan mulus pada spesifikasi computer jadul sekali.

  • Spek file kecil


Ukuran file kecil, Ukuran file installer yang relatif kecil dibandingkan software komersial lain seperti Corel atau Adobe Ilustrator.

  • Fitur format file

Bisa membaca dan mengubah file dari editor lain. Inkscape bisa membaca dan mengubah file dari editor grafis lain seperti Adobe Illustrator (*AI) dan sebagainya, memiliki banyak format Dokumen, demikian juga dengan inkscape yang memiliki banyak support file. jadi anda bisa simpan bermacam pola file grafis seperti, SVG, PDF, dan masih banyak fitur lain.

  • Kualitas desain

Kualitas desain hasil edit di aplikasi Inkscape memiliki kualitas yang andal sekelas dengan editan software desain grafis lainnya.


Kekurangan Inkscape

  • Kurang kompatible dengan format CDR-Coreldraw

Tidak dapat mengubah dan membuka secara sempurna ekstensi lain, seperti format *CDR-nya Corel Draw.

  • Media pembelajaran


Sedikit Pemakai, sehingga paduan dan tutorialnya masih sulit untuk didapatkan terutama di indonesia.


  • Tampilan

Memiliki Interface yang kurang Friendly.


Demikian artikel yang dapat admin share kepada kalian terkait Aplikasi desain grafis untuk calon desainer, pada blog ini terdapat beberapa postingan mengenai tutorial coreldraw dan beberapa tips dalam membuat spanduk,brosur, flyer, dan poster tentu hal tersebut dapat membuat kemampuan kalian menjadi meningkat dengan membaca dan mempelajari postingan artikel tersebut terutama untuk kalian calon desainer yang masih pemula, sekian dari admin mohon maah untuk kekurangan sampai jumpa di postingan berikutnya.