-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Prinsip Untuk Desain Logo yang Baik


Prinsip Untuk Desain Logo

7 Prinsip Untuk Desain Logo yang Baik. Zaman sekarang ini kalian tinggal di dunia yang penuh dengan perusahaan dan merek, dan ke mana pun anda pergi, bisa saja anda akan melihat puluhan desain logo dari perusahaan yang berbeda.


Meskipun ada yang kalian lupa dan beberapa yang masih diingat, dan Anda mungkin bertanya mengapa ini terjadi dan bagaimana sebuah desain logo dapat menimbulkan kesan serta sulit dilupakan , jangan khawatir, pada posting ini admin akan menjelaskan 7 aturan rahasia untuk membuat desain logo yang baik serta menimbulkan kesan khusus buat anda untuk desainer pemula.

 7 Prinsip Untuk Desain Logo yang Baik

1. Kesederhanaan


Langkah pertama untuk membuat desain logo yang baik adalah membuatnya tetap sederhana, titik ini terkait langsung dengan hafalan karena orang hanya akan menghabiskan beberapa detik atau kurang melihat logo Anda dan dalam banyak kasus, mereka hanya akan melihatnya secara tidak langsung, dan anda sebagai desainer grafis perlu bermain dengan prinsip itu ketika merancang logo dan membuatnya menarik agar menimbulkan kesan bagi yang melihat desain logo buatan anda.


Dengan menghapus elemen tambahan dan membuat desain logo lebih sederhana dapat meningkatkan peluang dari desain logo diterima lebih baik di masyarakat, karena dengan mengurangi jumlah elemen grafis dalam proses mendesain logo tersebut dan hanya berfokus pada elemen penting merek anda dapat membuat kesan menarik bagi yang melihat.

Baca Juga:

kita perlu bermain dengan beberapa elemen grafis untuk merancang logo yang sempurna dan menggunakannya dengan bijak untuk merangkum pesan dan kepribadian sebuah merek, dan bagaimana Anda mencapainya? dengan menggunakan psikologi bentuk, teori warna dan psikologi font, karena setiap elemen grafis, warna, bentuk dan font memiliki arti dan kepribadiannya sendiri.


Contoh kesederhanaan yang baik dalam desain logo adalah logo Apple, yang merupakan apel yang digigit dalam satu warna, sangat sederhana kan? itu benar dan itu adalah bagian kunci tentang bagaimana semua orang tahu Logo Apple, karena kesederhanaannya memudahkan pemirsa untuk menghafal apel dan mengaitkannya dengan merek.

2. Relevan


Untuk membuat desain logo yang baik , penting untuk membuatnya relevan dan terhubung dengan audiens, Anda perlu menemukan cara agar desain logo Anda dapat diterima audiens Anda , dan desain logo dibuat berdasarkan pada usia, pendidikan, nilai dan hobi mereka dan menggunakan elemen desain yang lebih menarik agar dapat diterima oleh audiens Anda.

Perbedaan besar antara desain logo yang baik dengan yang rata-rata adalah bahwa yang baik tetap pada otak pelanggan mereka karena mereka mengaitkannya dengan perasaan dan emosi yang berbeda yang ingin ditularkan merek Anda, dan jika Anda ingin desain logo yang sempurna itu harus menonjol dari pesaing Anda untuk menarik lebih banyak perhatian, ini akan membantu logo Anda untuk menangkap pelanggan Anda yang mungkin dan tetap pada memori audiens Anda.

3. Berkesan


Menjadi berkesan untuk desain logo mungkin kualitas yang paling penting untuk logo pada saat yang sama yang paling sulit dicapai, ingat apa yang kita bicarakan dalam kualitas pertama? Ya, buat logo Anda mudah untuk membantu pemirsa menghafalnya dan mengingat logo merek Anda dan mengaitkannya dengan perusahaan Anda.


merancang sebuah desain logo yang mudah diingat serta berkesan mungkin tampak rumit tetapi hal tersebut adalah sesuatu hal yang perlu Anda capai, dengan desain logo Anda pastikan bahwa orang hanya melihatnya sekali harus dapat menggambarkannya kepada orang lain atau menggambarnya di atas kertas, jika kami dapat mencapainya, kami memastikan bahwa logo Anda akan tetap ada di pikiran pelanggan. Untuk membuat logo Anda tetap berkesan, itu harus selalu menciptakan kesan kepada pemirsa dan mengirimkan emosi tertentu yang nantinya dapat diasosiasikan dengan perusahaan Anda.

4. Abadi


Kualitas ini sangat penting untuk desain logo yang baik dan di sini banyak merek dan perusahaan besar gagal mencapainya, jika Anda menginginkan desain logo yang bagus untuk perusahaan Anda, itu harus abadi, ini berarti bahwa logo merek Anda harus terlihat bagus hari ini dan untuk tahun-tahun berikutnya dan menghindari tren desain grafis saat merancang logo.


Fokus ketika Anda merancang logo adalah untuk menampilkan identitas merek dan pesan perusahaan menggunakan bahasa desain grafis dan menghindari menggunakan tren tanpa koneksi ke merek, tren desain ini mungkin terlihat bagus hari ini tetapi tidak ada yang dapat meyakinkan Anda bahwa tren ini akan hidup selamanya dan logo Anda akan terlihat usang dalam waktu singkat.

Baca Juga:

Penting untuk mengatakan bahwa desain ulang logo atau rebranding adalah opsi yang baik mengenai logo merek tetapi perubahan konstan dapat mengganggu kemampuan pemirsa untuk menghafal logo Anda dan mengaitkan dengan merek Anda. Juga mengatakan bahwa desain ulang logo yang baik terdiri dari memperbarui logo perusahaan untuk menghapus beberapa elemen tambahan atau untuk menyesuaikannya dengan pesan baru merek, dan dalam banyak kasus, mereka mempertahankan elemen logo yang paling berkesan.

5. Serbaguna (Desain Logo Responsif)


Pernahkah Anda mendengar tentang desain logo responsif? jadi, kualitas kelima untuk desain logo yang baik adalah harus serbaguna ketika merancang logo Anda perlu berpikir di mana itu akan digunakan dan beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda itu akan ditempatkan dan masih terlihat bagus.


Desain logo yang baik akan bekerja dengan baik pada foto profil Instagram dan spanduk raksasa di seluruh kota, jadi Anda perlu merancang logo Anda untuk dapat bekerja dengan baik pada platform digital seperti seluler atau web pada saat yang sama bahwa itu akan bekerja dengan baik dalam aplikasi cetak.


Jika Anda meneliti beberapa panduan gaya merek, Anda akan melihat bahwa banyak logo memiliki variasi yang berbeda pada ukuran atau disposisi yang memiliki versi vertikal dan horizontal pada saat yang sama bahwa dapat ada variasi warna logo yang mempertahankan warna merek.

6. Psikologi Warna


Seperti yang terjadi dengan bentuk dan tipografi, setiap warna memiliki maknanya sendiri dan mengirimkan emosi yang berbeda, seperti misalnya merah dapat mengirimkan perasaan gairah dan biru mentransmisikan kepercayaan. Warna unconsciousness juga dapat membangkitkan elemen kehidupan nyata seperti misalnya biru dapat dikaitkan dengan air dan hijau dengan alam dan hutan.


Mungkin ada asosiasi universal seperti dua contoh yang disebutkan sebelumnya, tetapi juga bisa ada lebih banyak asosiasi budaya seperti misalnya dalam hijau AS adalah warna uang dan di Jepang ungu dikaitkan dengan kejahatan, jadi berhati-hatilah tentang detail ini ketika merancang Logo.


Seperti disebutkan pada kualitas pertama, logo harus mudah untuk membuatnya lebih mudah untuk menghafal pada saat yang sama bahwa perlu mengirimkan pesan dan identitas merek, jadi gunakan psikologi warna untuk mengirimkan pesan perusahaan, dan jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang teori warna, saya memiliki posting tentang hal itu!

7. Jadilah Unik


Mungkin jelas, tetapi untuk membuat desain logo yang baik itu harus unik dan menonjol dari kompetensi Anda. Seperti yang terjadi dengan perusahaan Anda, Anda memiliki pesan Anda sendiri dan identitas Anda sendiri, ini harus tercermin pada logo Anda, jelaskan melalui itu dalam apa yang Anda membedakan merek Anda dari pesaing Anda dan mengapa pelanggan harus memilih Anda!


Misalnya, jika Anda memiliki perusahaan terkait pesawat terbang, hindari menggunakan ilustrasi pesawat sebagai logo Anda karena terlalu jelas dan Anda tidak akan membedakan perusahaan Anda dari perusahaan pesawat lain, bukannya, cobalah untuk bermain dengan konsep yang lebih metaforis dan ekspresikan dengan logo Anda apa yang membuat perusahaan Anda unik!

Baca Juga:

Kesimpulan


Sebagai kesimpulan, tidak ada metode rahasia dengan titik a dan titik b untuk membuat desain logo yang baik, dan alih-alih mengikuti tren desain dan pilihan yang jelas, jika Anda memiliki desain logo yang baik, Anda perlu melihat logo sebagai cara mentransmisikan pesan, gunakan logo merek Anda untuk mengirimkan apa yang membuat merek Anda unik melalui warna, bentuk, dan font dan kemudian Anda akan membuat desain logo yang unik.


Demikian 7 Prinsip Untuk Desain Logo yang Baik yang dapat admin share kepada kalian, kalian bisa melihat dan membaca beberapa tips mengenai desain grafis di blog ini, sekian dari admin sampai jumpa di postingan berikutnya.