-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Langkah Bagaimana Membuat Desain Flyer Keren



Desain Flyer Keren


Untuk teman-teman yang memiliki usaha dan ingin memperkenalkannya kepada orang lain atau calon pembeli, tentunya dibutuhkan promosi agar  usaha yang teman rintis dapat dikenali oleh orang lain. Dalam promosi ini saudara membutuhkan media perantara agar promosi produk dan jasa anda bisa lebih mudah dikenal dan diterima di masyarakat, misalnya melakukan kegiatan promosi  dengan perantara membuat desain flyer keren.


Ada bermacam cara yang biasa dilakukan banyak orang untuk melaksanakan kegiatan pemasaran ini, mulai dari teknik digital seperti melakukan promosi melalui media sosial seperti facebook, Instagram, dan website yang anda atau orang lain kelola. Hingga banyak orang juga yang memasarkan produk atau jasa mereka secara konvensional, seperti mencetak spanduk, banner, brosur ,flyer, dan lain-lain.


Memasarkan produk dan jasa dengan metode konvensional seperti membuat flyer dan membagikannya ke orang lain tentu saat ini sudah umum digunakan, agar membuat lembaran anda lebih memikat hati orang yang melihat, saudara perlu  membuatnya menjadi desain flyer keren agar memberikan nilai tambah dimata masyarakat.

Baca Juga  :



Umumnya flyer dapat ditemukan di pinggir jalan atau di tempat keramaian, dan biasanya isi dari flyer itu mencangkup informasi mengenai suatu produk , jasa, atau apapun itu yang bertujuan untuk memberikan iklan kepada masyarakat.


Pada artikel ini admin akan memberikan informasi kepada teman-teman mengenai selembaran ini, akan tetapi hal pertama yang harus diketahui adalah apa yang dimaksud dengan flyer ?

Apa yang dimaksud dengan flyer ?


Flyer merupakan  suatu alat pemasaran yang umumnya dicetak dalam bentuk kertas, dengan ukuran yang tidak terlalu besar, biasanya menggunakan  ukuran kertas A4 berbahan HVS, art paper, dan art carton.


Metode pemasaran dengan menggunakan selembaran ini adalah salah satu yang tertua, sejak ditemukannya mesin cetak  kertas. banyak orang di seluruh penjuru dunia yang melakukan kegiatan periklanan melalui metode konvensional ini karena dianggap lebih optimal dan hasilnya maksimal pada saat itu.


Setelah mengetahui pengertian flyer tentu teman-teman bertanya apa bedanya dengan pamflet dan poster ?

Apa bedanya pamflet dan flyer?


Umumnya selembaran ini fungsinya sama yaitu memberikan informasi kepada orang apakah itu dalam bentuk iklan atau memperkenalkan suatu kegiatan, akan tetapi yang membedakannya adalah bentuk dan ukuranya.


Pamflet ini biasanya dibuat dengan dengan kertas dan mempunyai lipatan serta dibuat 2 sisi yaitu sisi depan dan sisi belakang, sedangkan untuk flyer dibuat dengan menggunakan kertas yang tidak lipat dan hanya satu sisi.

Apa bedanya poster dan flyer?



Untuk kedua selembaran ini fungsinya juga sama yaitu memberikan informasi kepada orang lain, dan umumnya dicetak dengan satu sisi saja, akan tetapi yang membedakannya yaitu ukuranya dan tampilanya.


Poster pada umumnya banyak yang dicetak dengan menggunakan kertas A3 bahkan A1, dan isinya selalu diperkuat dengan gambar yang terdapat pada desain poster itu, sedangkan flyer  biasanya dicetak dengan menggunakan kertas A4 bahkan A5, dan isinya selalu diperkuat dengan kata-kata atau text pada selembaran itu.


Sampai disini mungkin teman-teman sudah memiliki gambaran mengenai selembaran kertas yang admin bahas pada artikel ini, untuk memperjelas lagi selanjutnya perlu diketahui ciri-ciri dari wadah informasi ini.


Pelajari Juga :


Ciri-ciri flyer


Ciri umum yang sering dijumpai di lingkungan masyarakat adalah sebagai berikut:


  • Umumnya, flyer memiliki ukuran A5, A4.

  • Isi dalam flyer mengenai suatu produk, jasa, acara atau event.

  • Dicetak dalam 1 sisi, hanya tampak depan.


Berikutnya admin akan memberikan informasi tentang contoh desain flyer yang biasa dijumpai disekitar kita.

Contoh flyer seminar




selembaran ini sering dijumpai di kampus-kampus atau tempat kerja yang berisi tentang pertemuan yang diadakan oleh lembaga tertentu untuk membahas suatu topik berkaitan dengan teknologi, kesehatan, pendidikan, dan lain-lain.

Contoh flyer promosi




untuk jenis ini sering teman-teman jumpai di tempat keramaian seperti di pasar, warung makan, dan lain-lain, selembaran ini berisi tentang penawaran suatu produk atau jasa yang dilakukan oleh Perusahaan tertentu yang bergerak dibidang retail, atau marketing.

Contoh flyer event




Jenis dari selembaran ini juga paling banyak dijumpai dan paling banyak dicari infonya khususnya kaum milenial , karena memberikan informasi terkait pelaksanaan kegiatan seperti konser musik, rekreasi, dan lain sebagainya.


Selanjutnya admin akan masuk ke pokok pembahasan inti yaitu langkah-langkah membuat flyer, berikut langkahnya:

8 langkah bagaimana membuat desain flyer keren


1. Mengetahui sasaran target


Sebelum teman-teman memulai membuat sebuah desain, tentu anda harus mengetahui target atau sasaran promosi produk atau jasa yang ingin ditawarkan, apakah ditargetkan untuk perusahaan, anak sekolah, anak kuliah, pengajar, ibu rumah tangga, dan lain sebagainya.


Promosi yang dituangkan dalam lembaran kertas ini, akan terlihat lebih menarik dan sempurna jika sasaran target diketahui, usahakan desain saudara terlihat profesional dan sederhana.


2. Isi pesan yang ingin disampaikan


Jika seseorang melihat desain saudara dan cepat memahami isi yang terdapat didalamnya berarti desain selebaran anda baik.


Gunakan perpaduan gambar dan tulisan, perpaduan tebal dan miring tulisan pada desain teman-teman.


3. Buat secara profesional



Maksud admin seperti ini, jika memasukkan sebuah gambar di dalam desain pastikan gambar tersebut memiliki kualitas yang bagus dan tidak buram.


4. Perhatikan judul atau header design



Jika seseorang melihat desain teman-teman dan ingin mencari informasi didalamnya tentu judul atau header selain desain yang pertama kali dilihat. Buatlah judul yang menarik dan gunakan font yang sesuai agar judul anda mudah dibaca dan dipahami.

5. Tambahkan informasi kontak atau alamat website


Promosi yang baik akan terlihat sia-sia jika nomor kontak atau alamat website tidak dicantumkan pada desain teman-teman. Calon pembeli akan kebingungan jika informasi kontak penjual tidak tercantum.


6. Penggunaan kontras warna



Gunakan warna yang kontras pada desain anda, hal ini juga berkaitan dengan target desain saudara, jika menggunakan warna yang norak untuk target para  guru pengajar  tentu tidak tepat, akan tetapi bila targetnya anak sekolah dasar tentu hal ini boleh saja, jadi perhatikan hal ini.


7. Penggunaan bullet atau table



Jika memungkinkan gunakan bullet atau table pada desain yang anda buat, tentu tujuannya untuk mempermudah pembaca untuk lebih memahami, serta memberikan kesan menarik.


8. Ukuran desain



Jika anda ingin membagikan selembaran ke orang lain pastikan ukuranya tidak terlalu besar, karena hal tersebut sangat mengganggu, sesuaikan dengan kondisi lingkungan dimana flyer promosi ingin disebar.



Setelah mengetahui cara membuat flyer, perlu juga untuk diketahui Apa saja kelebihan dan kekurangan flyer ?

Kelebihan Flyer ?



  • Bersifat praktis sehingga mudah dibawa.


  • Lebih flexible  dalam membacanya.


  • Pesan yang disampaikan bersifat permanen dan dapat dijadikan bukti


  • Penyerapan informasi lebih lengkap


Kekurangan Flyer ?



  • Bahan yang digunakan mudah robek


  • Dibutuhkan waktu dan tenaga untuk menyebar flyer ini


  • Kebanyakan orang akan menolak, jika desainya tidak bagus


Demikian informasi yang admin sampaikan mengenai 8 langkah bagaimana membuat desain flyer keren, dengan harapan dapat menambah wawasan admin dan juga teman-teman semua yang membaca tulisan ini.


Mohon maaf untuk segala kekurangan sampai jumpa di postingan selanjutnya.


Terima kasih,